Home » Kongkow » IPA » Melatonin Adalah

Melatonin Adalah

- Selasa, 13 April 2021 | 10:00 WIB
Melatonin Adalah

Apa itu Melatonin? Melatonin adalah hormon yang dibuat oleh bagian otak yang disebut kelenjar pineal. Melatonin membantu mengatur siklus tidur kita. Hormon ini berperan memberi tahu tubuh  kapan waktunya untuk tidur dan kapan waktunya bangun.

Apa Iti Melatonin

Struktur Kimia Melatonin

Melatonin adalah hormon kecil yang sekresinya mengatur tidur dan aktivitas periodik lainnya pada manusia, serta hewan lainnya. Lonjakan dan kemerosotan dalam konsentrasinya memungkinkan hewan untuk melihat informasi penting tentang kondisi pencahayaan lingkungannya. Instruksi ke organ-organnya kemudian diberikan sesuai.

Misalnya, lonjakan melatonin menyiratkan bahwa lampu telah mati; Matahari telah terbenam dan saatnya untuk tidur. Otak kemudian memerintahkan penurunan aktivitas motorik, menginduksi kelelahan, dan menurunkan suhu keseluruhan tubuh. Di sisi lain, kemerosotan melatonin mengkomunikasikan bahwa Matahari keluar dan cerah. Ini menuntut perhatian yang meningkat, waktu respons yang cepat dan suasana enerjik.

Melatonin disekresikan oleh kelenjar pineal, yang terletak di antara dua belahan otak. Kelenjar kecil ini dinamai demikian karena penampilannya mengingatkan pada buah pinus. Hewan dengan kelenjar pineal yang malfungsi, baik karena keadaan alam atau campur tangan manusia, menunjukkan pola tidur dan reproduksi yang  terganggu

Melatonin dan tidur

Mata adalah jendela tempat cahaya masuk ke dalam tubuh. Pola bercak terang dan gelap terukir pada retina, yang merupakan layar proyeksi mata. Informasi ini diteruskan ke nukleus suprachiasmatic (SCN) di hipotalamus, area yang dikenal untuk menjaga jam biologis kita berdetak. Informasi kemudian turun ke ganglia serviks melalui serat yang memanjang dari hipotalamus. Akhirnya, itu ditransmisikan ke kelenjar pineal melalui benang neuron yang memanjat ke atas. Di sana, melatonin menempel pada dua reseptor, yang kita sebut Mel1A dan Mel2B.

Adalah ketergantungan dramatis sintesis melatonin pada mata yang orang buta merasa sangat sulit untuk tertidur. Sebaliknya, tidur dapat ditunda dengan menundukkan mata kita ke pancaran konstan cahaya terang. Sementara Matahari adalah sumber utama cahaya bagi manusia prasejarah, manusia modern menemukan api, menciptakan lampu dan sekarang, telepon. Ya, smartphone yang secara halus telah mengubah jam biologis kita.

Namun, hanya cahaya biru yang menekan melatonin dan mengisi kembali kesadaran kita, cahaya biru yang sangat memancar dari perangkat kita mislanya smartphone. Perasaan indra kita yang terlalu cepat ketika mereka harus bersantai dapat memiliki efek buruk pada kesehatan fisik dan mental kita. Cahaya biru ini diketahui dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes dan kegemukan!

Dikatakan demikian, penting untuk diingat bahwa ini hanyalah korelasi: cahaya biru itu sendiri tidak menyebabkan kanker, atau setidaknya, belum ada kumpulan bukti substansial yang menegaskan hal ini. Tujuan sebenarnya dari melatonin masih diteliti para ilmuwan. Saat ini diketahui bahwa itu berkorelasi dengan ritme musiman atau sirkadian dan permulaan pubertas.

Namun, karena efek mengganggu cahaya biru pada tidur, para ilmuwan merekomendasikan menggunakan kacamata yang tahan terhadap gelombang biru, tetapi menyambut lebih banyak cahaya merah dan hijau. Sementara merah adalah yang paling tidak berbahaya dari semua panjang gelombang, cahaya hijau membentang irama Circadian setengah dari apa yang biru lakukan (1,5 jam versus 3 jam).

Pemberian melatonin telah menjadi solusi yang bagus untuk mengobati gangguan tidur, tetapi seperti obat lain, dosisnya harus diformulasikan dengan hati-hati. Terlalu rendah, dan itu tidak efektif, tetapi terlalu tinggi dan kemerosotan suhu bisa menyebabkan hipotermia. Suplemen diketahui menetralkan jet lag dan bahkan mencegah insomnia. Namun, keamanannya hanya dijamin untuk bantuan sementara, kurangnya studi jangka panjang mencegahnya dari yang mendukung sebagai obat jangka panjang.

Melatonin tersedia sebagai suplemen dalam bentuk pil. Ada dua jenis: alami dan sintetis (buatan manusia). Melatonin alami terbuat dari kelenjar pineal hewan. Bentuk ini dapat terkontaminasi dengan virus sehingga tidak disarankan. Sedangkan melatonin yang bentuk sintetis tidak membawa risiko ini. Label pada botol pil harus mencantumkan jenisnya. Jika kita tidak yakin, kita bisa tanyakan kepada apoteker atau dokter sebelum kita menerimanya.

Kebanyakan orang mengonsumsi melatonin untuk membantu mengobati gangguan tidur. Yang paling umum adalah insomnia, yaitu kesulitan tertidur dan / atau tidak tertidur. Kita juga bisa mengambilnya untuk membantu mencegah atau mengobati jet lag. Dosis umum dewasa berkisar dari 0,3 mg hingga 5 mg pada waktu tidur. Dosis rendah sering bekerja serta dosis yang lebih tinggi.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya