Home » Kongkow » Materi » Materi Rumus Matematika SMP Lengkap

Materi Rumus Matematika SMP Lengkap

- Rabu, 16 September 2020 | 18:00 WIB
Materi Rumus Matematika SMP Lengkap

Matematika, adalah pelajaran yang harus dipelajari oleh setiap siswa dan siswi di sekolah. Matematika menjadi pelajaran dasar yang harus ada disetiap sekolah, bahkan ujian Nasional juga mencantumkan Matematika menjadi pelajaran yang di ujiankan.

Maka dari itu, Anda harus belajar bagaimana rumus-rumus yang ada didalamnya. Jika sudah mengerti, biasanya nanti Anda akan mudah untung menjawab soal yang serupa dengan yang Anda pelajari. Kali ini kami akan memberikan anda, rumus Matematika SMP Lengkap. Jadi lihat dengan seksama ya! Berikut adalah rumus-rumus nya:

  • Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Pembahasan yang pertama, adalah membahas rumus luas dan keliling trapezium. Sebelum kita ke rumus nya, anda perlu tahu apa itu Trapesium. Trapesium adalah merupakan sebuah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang dua diantaranya saling sejajar namun tidak sama panjang. Menurut Wikipedia, Trapesium termasuk jenis bangun datar segi empat.

Jenis Trapesium sendiri ada 3, yaitu Trapesium Sembarang, Trapesium Sama Kaki dan Trapesium Siku-siku.

Rumus matematika yang akan kita bahas, menjelaskan rumus yang biasa dapat digunakan untuk menyelesaikan soal bangun datar Trapesium. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang rumus luas dan keliling Trapesium. Simak dengan seksama.

Untuk menemukan berapa ukuran luas dan keliling dari Trapesium, Anda bisa menggunakan rumus berikut ini:

Luas Trapesium =    1/2 x jumlah sisi sejajar x tinggi


Keterangan :

Jumlah sisi sejajar = AB + CD

Tinggi =  t  ( DE )

Keliling Trapesium = AB + BC + CD +DA  

Keterangan :

Keliling trapesium merupakan jumlah seluruh sisi-sisinya

AB, BC, CD, DA adalah sisi-sisi trapezium

Jika sudah membahas rumus, biasanya akan disertai dengan contoh agar yang membaca tidak bingung bagaimana cara mengerjakan nya. Berikut adalah contoh luas dan keliling Trapesium serta pembahasannya:

  1. Sebuah trapesium diketahui mempunyai panjang sisi-sisi sejajar masing-masing adalah 8 cm dan 20 cm dan ukuran tingginya 12 cm. Hitunglah berapa luas bangun trapesium ini ?Penyelesaian:
    Luas = ½ x ( Jumlah sisi sejajar ) x t
    Luas = ½ x (8 cm + 20 cm) x 12 cm
    Luas = ½ x 28 x 12
    Luas = ½ x 336 cm
    Luas = 168 cm2Jadi luas bangun trapesium di atas adalah 168 cm2

Bagaimana, apakah anda sudah mengerti rumus luas dan keliling Trapesium diatas? Jika belum, cob abaca dengan lebih teliti dan coba dengan mengerjakan soal sendiri. Jika sudah mengerti, kita langsung saja ke rumus selanjutnya. Yaitu rumus luas dan keliling segitiga.

  • Rumus Luas dan keliling Segitiga

Seperti biasa, sebelum memulai penjelasan tentang rumus luas dan keliling segitiga. Lebih baik, kita harus tau terlebih dahulu apa itu segitiga? Segitiga adalah, salah satu bangun datar yang di batasi oleh tiga buah garis lurus dan tiga buah sudut. Sebuah segitiga terbentuk apabila semua ketiga buah titik yang tidak terletak di sat ugaris lurus saling di hubungkan.

Setelah mengerti apa itu segitiga, maka selanjutnya kita akan mengetahui keliling segitiga. Untuk dapat menghitung keliling sebuah segitiga, anda harus tahu terlebih dahulu panjang ketiga sisi segitiga tersebut. Itu karena segitiga, adalah jumlah total dari panjang masing-masing sisinya.

Anda perhatikan gambar segitiga ABC diatas. Jika keliling dari segitiga adalah K dan panjang sisi-sisinya adalah D,E,F, maka keliling dari segitiga tersebut adalah K = D+E+F.

Maka rumus keliling dari sebuah segitiga adalah:

K = Panjang Sisi1 + Panjang Sisi2 + Panjang Sisi3

Setelah mengerti bagaimana cara menghitung keliling segitiga, berikutnya adalah menghitung luas segitiga. Untuk rumus ada dibawah ini:

Luas bisa dikatakan sebagai huruf L, jadi luas segitiga adalah:

L = ½ x A x T

Penjelasan: A adalah panjang alas, T adalah tinggi.

Bagaimana, mudah bukan? Jika anda mempelajari rumus-rumus diatas, anda dipastikan akan bisa mengerjakan soal luas dan keliling segitiga dan trapezium.

Cari Artikel Lainnya