Home » Kongkow » IPA » Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari hari

Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari hari

- Senin, 25 Januari 2021 | 17:00 WIB
Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari hari

Minyak bumi adalah salah satu sumber mineral yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Minyak bumi sangat penting untuk kehidupan manusia. Karena banyak sekali manfaat minyak bumi dan gas alam yang bisa digunakan dalam sumber kehidupan. Fungsi minyak bumi adalah untuk meningkatkan perekonomian negara.

Manfaat residu minyak bumi adalah sebagai bahan pembuat bensin, solar,minyak tanah dan bensol. Minyak bumi yang sudah diolah dapat menghasilkan bahan bakar dan keperluan pabrik. Manfaat minyak bumi untuk sehari hari yaitu untuk menjalankan motor, mobil, Kegiatan industri pabrik, menerangi rumah dan jalan raya. Berikut manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia.

  • Sebagai Bahan Bakar.

  • Sumber Gas Cair.

  • Industri Kimia.

  • Sumber Produksi Polimer.

  • Produksi Bahan Serat.

  • Sumber Bahan Poliuretan.

  • Produk Keperluan Dapur.

 

Proses Pembentukan Minyak Bumi

  1. Tanaman dan hewan yang terkubur selama ratusan juta tahun yang lalu di dalam kerak bumi.

  2. Tanaman dan hewan yang mati akan terbawa ke lapisan gerak bumi lewat pergerakan lapisan lempengan bumi.

  3. Semua tanaman dan hewan telah menjadi fosil akan bereaksi dengan panas bumi dan gas alam yang terbentuk secara alami.

  4. Inilah yang mengubah fosil menjadi cairan hitam atau minyak bumi.

Minyak bumi ditemukan di beberapa bagian negara seperti Amerika, Arab Saudi, Irak, Iran, China, dan Indonesia. Minyak bumi telah menjadi konsumsi masyarakat dan dapat mempengaruhi tingkat ekonomi secara langsung. Apa saja manfaat minyak bumi?. Di bawah ini beberapa manfaat diantaranya.

 

Manfaat Minyak Bumi

1. Bahan Bakar

Minyak bumi yang masih mentah tidak dapat digunakan secara langsung harus diolah. Pengolahan minyak bumi ada beberapa tingkatan, seperti proses penyulingan. Hasil dari penyulingan adalah bensin, solar, bensol, minyak tanah.

2. Gas cair

Gas cair atau lebih dikenal dengan nama LPG. Gas cair didapatkan dari sumber minyak bumi yang telah diolah dengan proses penyulingan dan pemurnuan khusus.

3. Industri kimia

Senyawa yang dihasilkan dari hasil olahan minyak bumi adalah cat minyak, cat diding, cat mobil, cat kayu dan beberapa produk plastik.

4. Produksi polimer

Salah satu industri memakai polimer adalah industri plastik. Manusia membutuhkan plastik sebagai tempat untuk meletakkkan berbagai benda.

5. Pembangkit listrik

Pembangkit listrik juga membutuhkan minyak bumi sebagai sumber panas. Minyak bumi diolah secara khusus dan pembangkit listrik akan menghasilkan tenaga dari uap. Uap akan menggerakkan bagian turbin pada pembangkit akan diterima oleh penggerak magnet untuk menghasilkan listrik.

6. Pengolahan pupuk

Pupuk pertanian membuat tanaman menjadi subur. Pengolahan pupuk juga membutuhkan beberapa senyawa sintetis yang dihasilkan dari pengolahan minyak mentah.

 

Manfaat Minyak Bumi dari Segi Ekonomi

1. Menggerakkan sektor industri

Industri yang bergerak di bidang produksi maupun jasa membutuhkan minyak bumi. Menghasilkan bahan bakar penggerak mesin, menghasilkan listrik sebagai penggerak industri di lapangan dan kantor

2. Meningkatkan ekonomi negara

Minyak bumi dihasilkan secara langsung dari alam. Tidak semua negara menghasilkan minyak bumi, minyak bumi tersebar di beberapa negara Asia dan Amerika.

 

Hasil Olahan Minyak Bumi

1. LPG

Pada umumnya LPG pada era saat ini banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk industri dan rumah tangga.Tidak hanya digunakan dalam keperluan rumah tangga, LPG ini juga digunakan sebagai bahan baku maupun campuran di pabrik-pabrik petrokimia untuk dihasilkan beberapa produk. Beberapa hasil dari pabrik petrokimia tersebut antara lain adalah produk kosmetik, pupuk dan biji plastik.

2. Aviator Turbine (Avtur)

Avtur merupakan bahan bakar untuk pesawat terbang yang menggunakan mesin turbin.

3. Aviation Gasoline (Avgas)

Avgas ini hampir sama dengan avtur, bedanya avgas ini merupakan bahan bakar minyak yang dibuat secara khusus untuk pesawat terbang dengan mesin yang memiliki ruang pembakaran internal dan mesinnya berupa piston (piston engine). Avgas ini juga digunakan untuk bahan bakar mobil balap ataupun pesawat tempur.

4. Kerosin

Digunakan dalam lampu minyak tanah tetapi sekarang utamanya digunakan sebagai bahan bakar mesin jet.Di Indonesia, minyak tanah digunakan untuk mengusir koloni serangga sosial, seperti semut, atau mengusir kecoa. Selain itu, beberapa pembasmi serangga bermerek juga menggunakan minyak tanah sebagai komponennya.

5. Bensin

Salah satu jenis bahan bakar minyak yang dimaksudkan untuk kendaraan bermotor roda dua, tiga, dan empat. Secara sederhana, bensin tersusun dari hidrokarbon rantai lurus, mulai dari C7 (heptana) sampai dengan C11. Dengan kata lain, bensin terbuat dari molekul yang hanya terdiri dari hidrogen dan karbon yang terikat antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk rantai.

6. Solar

Solar atau diesel pada umumnya digunakan sebagai bahan bakar dalam pembakaran mesin diesel, baik itu mesin kendaraan ataupun mesin industri.

7. Aspal

Aspal merupakan senyawa hidrokarbon yang memiliki sifat yang kental dan melekat, umumnya berwarna coklat kehitaman dan tahan terhadap air serta mengandung sulfur, oksigen dan klor yang tinggi. Aspal merupakan hasil dari fraksi minyak bumi yang diolah menjadi 2 jenis, yaitu aspal cair dan aspal padat. Aspal ini sering digunakan untuk memperhalus jalan raya yang fungsi utamanya adalah untuk mengikat batuan agar tidak terlepas dari permukaan jalan, untuk mengisi ruang yang kosong, sebagai bahan perekat dan pelapis.

8. Parafin

Parafin ini sering digunakan diberbagai industri sebagai bahan utama seperti dalam furnitur yang menggunakan palpis berbahan dasar parafin sebagai cat dan tinta. Parafin ini juga dapat digunakan sebagai bahan dasar malam untuk membatik, selain itu parafin juga dapat digunakan sebagai bahan kecantikan.

Demikian manfaat minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya