0
60
0
Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari hari
4 days 'ago'

Minyak bumi adalah salah satu sumber mineral yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Minyak bumi sangat penting untuk kehidupan manusia. Karena banyak sekali manfaat minyak bumi dan gas alam yang bisa digunakan dalam sumber kehidupan. Fungsi minyak bumi adalah untuk meningkatkan perekonomian negara.

Manfaat residu minyak bumi adalah sebagai bahan pembuat bensin, solar,minyak tanah dan bensol. Minyak bumi yang sudah diolah dapat menghasilkan bahan bakar dan keperluan pabrik. Manfaat minyak bumi untuk sehari hari yaitu untuk menjalankan motor, mobil, Kegiatan industri pabrik, menerangi rumah dan jalan raya. Berikut manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia.

  • Sebagai Bahan Bakar.
  • Sumber Gas Cair.
  • Industri Kimia.
  • Sumber Produksi Polimer.
  • Produksi Bahan Serat.
  • Sumber Bahan Poliuretan.
  • Produk Keperluan Dapur.

Proses Pembentukan Minyak Bumi

  1. Tanaman dan hewan yang terkubur selama ratusan juta tahun yang lalu di dalam kerak bumi.
  2. Tanaman dan hewan yang mati akan terbawa ke lapisan gerak bumi lewat pergerakan lapisan lempengan bumi.
  3. Semua tanaman dan hewan telah menjadi fosil akan bereaksi dengan panas bumi dan gas alam yang terbentuk secara alami.
  4. Inilah yang mengubah fosil menjadi cairan hitam atau minyak bumi.

Minyak bumi ditemukan di beberapa bagian negara seperti Amerika, Arab Saudi, Irak, Iran, China, dan Indonesia. Minyak bumi telah menjadi konsumsi masyarakat dan dapat mempengaruhi tingkat ekonomi secara langsung. Apa saja manfaat minyak bumi?. Di bawah ini beberapa manfaat diantaranya.

Manfaat Minyak Bumi

1. Bahan Bakar

Minyak bumi yang masih mentah tidak dapat digunakan secara langsung harus diolah. Pengolahan minyak bumi ada beberapa tingkatan, seperti proses penyulingan. Hasil dari penyulingan adalah bensin, solar, bensol, minyak tanah.

2. Gas cair

Gas cair atau lebih dikenal dengan nama LPG. Gas cair didapatkan dari sumber minyak bumi yang telah diolah dengan proses penyulingan dan pemurnuan khusus.

3. Industri kimia

Senyawa yang dihasilkan dari hasil olahan minyak bumi adalah cat minyak, cat diding, cat mobil, cat kayu dan beberapa produk plastik.

4. Produksi polimer

Salah satu industri memakai polimer adalah industri plastik. Manusia membutuhkan plastik sebagai tempat untuk meletakkkan berbagai benda.

5. Pembangkit listrik

Pembangkit listrik juga membutuhkan minyak bumi sebagai sumber panas. Minyak bumi diolah secara khusus dan pembangkit listrik akan menghasilkan tenaga dari uap. Uap akan menggerakkan bagian turbin pada pembangkit akan diterima oleh penggerak magnet untuk menghasilkan listrik.

6. Pengolahan pupuk

Pupuk pertanian membuat tanaman menjadi subur. Pengolahan pupuk juga membutuhkan beberapa senyawa sintetis yang dihasilkan dari pengolahan minyak mentah.

Manfaat Minyak Bumi dari Segi Ekonomi

1. Menggerakkan sektor industri

Industri yang bergerak di bidang produksi maupun jasa membutuhkan minyak bumi. Menghasilkan bahan bakar penggerak mesin, menghasilkan listrik sebagai penggerak industri di lapangan dan kantor

2. Meningkatkan ekonomi negara

Minyak bumi dihasilkan secara langsung dari alam. Tidak semua negara menghasilkan minyak bumi, minyak bumi tersebar di beberapa negara Asia dan Amerika.

Demikian manfaat minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow