Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Manfaat Bertanam Tanaman Hias

Manfaat Bertanam Tanaman Hias

- Senin, 04 November 2019 | 14:04 WIB
Manfaat Bertanam Tanaman Hias

Sudahkah Anda memelihara tanaman hias? Manfaat bertanam tanaman hias ternyata tidak hanya dilakukan untuk menunjang penampilan ruangan. Anda juga dapat merasakan manfaat secara psikis dari hobi sederhana tersebut. Berikut ini manfaat bertanam tanaman hias yang dapat menjadi motivasi bagi Anda.

Manfaat bertanam

Foto: freepik

Pertama, bertanam tanaman hias dapat memudahkan Anda untuk memperoleh kualitas udara yang lebih baik. Tanaman ini akan berfotosintesis dan mengurangi kadar karbon dioksida. Karbon dioksida ini akan diubah menjadi oksigen yang diperlukan manusia untuk bernapas dengan baik.

Oleh karena itu, bila Anda bertanam tanaman hias, Anda akan memiliki kualitas udara yang lebih baik. Sayangnya, beberapa jenis tanaman hias melepaskan karbon dioksida di malam hari. Dengan begitu, kadar oksigen pun berkurang.

Penting untuk memilih jenis tanaman hias agar kualitas udara Anda tetap terjaga. Salah satu tanaman yang tidak melakukan aktivitas ini adalah tanaman anggrek.

Begitu pula dengan kemampuan beberapa tanaman yang tidak hanya mampu menyerap karbon dioksida, tetapi juga kandungan berbahaya lain dalam ruangan. Contoh tanaman hias ini adalah lidah mertua yang mampu mengurangi kadar xilene, toluena, dan trikloroetilen pada udara.

Manfaat bertanam tanaman hias yang lain adalah menurunkan risiko penyakit bagi penanamnya. Beberapa penyakit yang umum menyerang adalah kulit kering, demam, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

Memelihara tanaman hias dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit ini. Penyebabnya adalah kemampuan tumbuhan menyiram air dalam akar. Air ini akan diuapkan melalui daun. Oleh karena itu, ruangan pun akan jadi lebih lembap.

Beberapa jenis tanaman hias memiliki aroma yang harum dan menenangkan. Jenis tanaman ini baik bagi penderita penyakit tertentu yang tidak dapat terpapar pewangi buatan dari pengharum ruangan biasa. Jenis tanaman yang dapat menjadi rekomendasi bila Anda ingin ruangan lebih harum adalah citrus hystric.

Secara psikis, memelihara tanaman hias dapat membantu Anda untuk lebih fokus dan mudah berkonsentrasi. Penelitan menunjukkan bahwa tanaman hias dapat meningkatkan konsentrasi. Peningkatan konsentrasi ini selain terlihat pada aktivitas sehari-hari juga tampak pada kualitas tidur yang lebih baik.

Cari Artikel Lainnya