Home » Kongkow » Tematik » Manfaat Batu bara Tema 2 Kelas 4 SD

Manfaat Batu bara Tema 2 Kelas 4 SD

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 10:30 WIB
Manfaat Batu bara Tema 2 Kelas 4 SD

Batu bara merupakan sumber energi yang cukup berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat karena selama ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil, sampai industri. 

Manfaat batu bara yang paling lekat dengan kehidupan manusia adalah sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. Selain itu manfaat batu bara yang kedua adalah sebagai penghasil produk gas. Gas alam ini didapat dari batu bara yang masih berada di dalam tanah. Batu bara yang ada di dalam tanah secara langsung menghasilkan gas alam.

Batu bara adalah bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori batuan sedimen. Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya. Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang kemudian mengendap selama berjuta-juta tahun dan mengalami proses pembentukan batu bara.

Kia harus menghemat Batu bara, mengingat batubara memiliki sifat  tak terbarukan dan dihasilkan dari proses geologi selama puluhan bahkan ratusan juta tahun, maka sangatlah disayangkan apabila pemanfaatannya tidak memiliki nilai tambah.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya