Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Lumba-lumba berkembang biak dengan cara

Lumba-lumba berkembang biak dengan cara

- Selasa, 09 Agustus 2022 | 12:00 WIB
Lumba-lumba berkembang biak dengan cara

Lumba-lumba berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar.

Pembahasan

Lumba-lumba adalah hewan mamalia yang hidup di laut bersama dengan paus, hiu, dan pesut, lumba-lumba masuk ke dalam golongan ordo cetacea. Karena termasuk mamalia, lumba-lumba juga tidak bernapas menggunakan insang tapi menggunakan paru-paru dan memiliki kelenjar susu sehingga bisa menyusui anaknya. 

Lumba-lumba berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar tentunya. Induk lumba-lumba mengalami pembuahan internal, kemudian mengandung anaknya hingga waktu melahirkan tiba. 

Usia lumba-lumba saat mencapai kematangan seksual dapat bervariasi, bergantung pada lokasi dan jenis kelaminnya. Dilansir dari Seaworld, di perairan Florida, rata-rata betina dewasa lumba-lumba mencapai kematangan seksual di usia sekitar 5 hingga 13 tahun. Sementara itu, lumba-lumba jantan mencapai kematangan seksual di usia sekitar 10 hingga 13 tahun. 

Lumba-lumba, khususnya lumba-lumba hidung botol, dapat berkembang biak sepanjang tahun. Kehamilan lumba-lumba berlangsung sekitar 12 bulan dan biasanya setiap kelahiran berjarak setidaknya tiga tahun.

Saat proses melahirkan, lumba-lumba betina akan berpindah ke perairan dangkal karena mereka ingin memastikan bahwa darah yang keluar dari proses melahirkan nantinya tidak menarik perhatian para predator laut. 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya