Home » Kongkow » Geografi » Letak dan Kondisi penduduk negara Brunei Darussalam

Letak dan Kondisi penduduk negara Brunei Darussalam

Letak dan Kondisi penduduk negara Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara di kawasan Asia tenggara yang memiliki luas yang tidak begitu besar. Meski begitu, kepadatannya terhitung cukup tinggi hingga 69 jiwa/km2.

Brunei Darussalam merupakan negara terkaya ketiga di dunia. Negara ini seringkali dijuluki sebagai Negara Petrodollar karena pendapatan utamanya bersumber dari pertambangan minyak bumi serta gas alam.

Baca juga: Iklim, Bentuk Muka Bumi, Kondisi Penduduk, Flora dan Fauna Negara Mesir

Letak Astronomis dan Geografis Negara Brunei Darussalam

Secara astronomis, Brunei Darussalam terletak pada 5° LU-6° LU dan 114°BT-115°BT. letak ini menjadikan Brunei sebagai negara beriklim tropis yang memiliki dua musim, yakni kemarau dan hujan. Kemudian secara geografis, negara ini berbatasan langsung dengan Malaysia.

Adapun perbatasan Malaysia dalam letak geografisnya adalah sebagai berikut.

  • Sebelah Utara: Laut Cina Selatan

  • Sebelah Barat: Malaysia Timur

  • Sebelah Timur: Malaysia Timur

  • Sebelah Selatan: Malaysia Timur

Secara geografis negeri ini bertetangga langsung dengan Malaysia tepatnya pada bagian Serawak. Meski lokasinya berada di sebelah utara Borneo, namun tidak berbatasan dengan Indonesia. Laut Cina Selatan yang cukup luas juga melewati negara yang beribukota di Bandar Sri Begawan tersebut.

Baca juga: Kondisi Penduduk, Iklim dan Bentuk Muka Bumi Negara Amerika Serikat

Bentuk Muka Bumi Negara Brunei Darussalam

 

Brunei Darussalam terbagi atas dua wilayah yang terpisah yaitu wilayah barat dan timur. Wilayah barat  berbatasan langsung dengan negara Malaysia yang terdiri dari dataran rendah dan rawa.

Sementara itu, wilayah utara yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan terdiri dari dataran yang cukup luas dan dialiri oleh beberapa sungai serta teluk. Teluk yang terkenal disini adalah teluk Brunei, sedangkan sungainya adalah Sungai Temburong.

Wilayah timur juga terdiri dari perbukitan dan dataran tinggi yang terletak di daerah pendalaman. Puncak tertingginya adalah 1.850 m yang terdapat di Bukit Pagon, Temburong.

Kondisi Penduduk dan Perekonomian Negara Brunei Darussalam

Kondisi alam Brunei yang kaya akan bahan tambang membuat banyak etnis lain yang berdatangan ke negara ini. Sekitar dua pertiga atau 75% jumlah penduduk Brunei adalah orang Melayu dan selebihnya Orang Cina, Iban, Murut dan sebagainya. 

Kelompok etnik minoritas yang paling penting dan yang menguasai ekonomi negara ialah Orang Tionghoa (Han). Penyumbang perekonomian terbesar di Brunei berasal dari pertambangan berupa gas alam dan minyak bumi. Selanjutnya adalah bidang industri pengolahan minyak bumi, gas alam cair, dan konstruksi.

Baca juga: Kondisi Iklim, Penduduk dan Bentuk Muka Bumi Negara Jepang

Flora dan Fauna Negara Brunei Darussalam

Flora dan fauna di negara ini memiliki kemiripan dengan negara lain di pulau Kalimantan yaitu Malaysia dan Indonesia.

a. Flora

- Wilayah Brunai yang seluas 5675 km2 terletak di pantai utara Kalimantan. Karena itu, hutan bakau atau mangrove mendominasi wilayah pesisir.

- Bunga nasional Brunai adalah bunga simpur (Dillenia beccariana). Bunga berwarna kuning putih ini banyak tumbuh di hutan Brunei.

- Pohon tulong (Agathis borneensis) adalah pohon hutan yang dapat mencapai tinggi 55 meter. Pohon ini memiliki kayu yang sangat berharga dan mahal.

- Bunga sundew atau Drosera adalah bunga yang memiliki tentakel pengikat yang digunakan untuk menangkap serangga yang dimakan oleh bunga ini.

b. Fauna

- Hewan nasional Brunei, elang laut berkulit putih kebanyakan tinggal di daerah pesisir dan juga kepulauan lepas pantai. Elang ini juga dapat ditemukan di sepanjang sungai, di laguna dan dekat waduk. Selain habitat pilihan ini, elang laut putih juga bisa ditemukan di padang rumput, lahan gambut dan hutan.

- Bekantan atau kera hidung panjang (Nasalis larvatus) adalah primata yang memiliki ciri khas hidungnya yang panjang dan perut yang besar. Hewan ini hanya di temukan di Kalimantan.

- Babi berjanggut (Sus barbatus) adalah babi liar yang terdapat di pedalaman Kalimantan, termasuk di Brunai.

- Burung enggang atau rangkong (Bucerotiformes) adalah burung hutan yang memiliki ciri khas paruh yang besar.

- Tupai terbang (Pteromyini) adalah hewan pengerat yang memiliki ciri khas selaput kulit diantara kaki-kakinya yang memungkinkan tupai terbang untuk meluncur dari satu pohon ke pohon lain di hutan. 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya