Home » Kongkow » Geografi » Letak Wilayah, Iklim dan Bentuk Muka Bumi Negara Inggris

Letak Wilayah, Iklim dan Bentuk Muka Bumi Negara Inggris

- Rabu, 10 November 2021 | 10:28 WIB
Letak Wilayah, Iklim dan Bentuk Muka Bumi Negara Inggris

Inggris adalah negara yang lokasinya paling dekat ke benua Eropa dibanding negara-negara lainnya di Kepulauan Britania. Letak Inggris mencakup dua pertiga dari Pulau Britania Raya di bagian tengah dan selatan, ditambah pulau-pulau lepas pantai seperti Isle of Wight dan Isles of Scilly.

Letak Negara Inggris Secara Geografis dan Astronomis

Inggris terletak pada 50° LU-60° LU dan 8° BB-2° BT. Posisinya berada di Benua Eropa yang secara geografis berbatasan di utara dengan Samudra Atlantik, di sebelah barat dengan Irlandia dan Samudra Atlantik, di sebelah timur dengan Laut Utara, dan di sebelah selatan dengan Selat English Channel. Inggris berbatasan dengan dua negara lainnya di Britania Raya, Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat.

Luas wilayah Inggris mencapai 244.110 km2 meliputi wilayah England, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya. 

Jarak dari utara sampai selatan wilayah Inggris mencapai 965 km dan jarak dari timur ke barat mencapai 515 km. Jarak Inggris Negara ini berjarak 34-kilometer (21 mi) dari Perancis, yang dipisahkan oleh Selat Inggris dan dihubungkan oleh terowongan bawah laut Channel di dekat Folkestone.

Iklim di Negara Inggris

Inggris memiliki iklim laut sedang, dengan suhu tidak lebih rendah dari 0 °C (32 °F) pada musim dingin dan tidak lebih tinggi dari 32 °C (90 °F) pada musim panas. Cuacanya relatif lembab dan seringkali berubah-ubah. Cuaca terdingin terjadi pada bulan Januari dan Februari, terutama di wilayah pesisir.

Baca juga: Kondisi Penduduk Negara Inggris

Bagaimana keadaan bentuk muka bumi dan geologi negara Inggris?

Secara umum, wilayah Inggris terbagi menjadi dua bagian, yaitu wilayah pegunungan di Bagian Utara, dan wilayah dataran rendah yang bergelombang di Bagian Timur dan Selatannya.

a. Pantai Laut: Inggris mempunyai pantai di Laut Irlandia, Laut Utara dan Samudera Atlantik.

b. Sungai dan Pelabuhan: Pelabuhan London, Liverpool, dan Newcastle masing-masingnya berlokasi di sungai-sungai pasang surut Thames, Mersey dan Tyne.

Sungai Terpanjang di Inggris:

- Sungai Severn adalah sungai terpanjang yang mengalir melintasi Inggris dengan panjang sekitar 354 kilometer (220 mi). Sungai ini bermuara di Selat Bristol dan terkenal sebab air pasangnya yang mencapai ketinggian hingga 2 meter (6.6 ft).

- Sungai Thames (346 kilometer (215 mi)).

c. Danau: Danau terbesar di Inggris adalah Windermere di Danau District.

d. Pegunungan dan Bukit

Pennines yang dikenal sebagai "tulang punggung Inggris" adalah pegunungan tertua di negara ini yang berasal dari akhir Zaman Paleozoikum, sekitar 300 juta tahun yang lalu. Komposisi geologis pegunungan ini terdiri atas batu pasir, batu kapur, serta batubara.

Terdapat lanskap karst di wilayah kalsit seperti di bagian Yorkshire dan Derbyshire. Lanskap Pennine adalah tegalan tinggi di kawasan dataran tinggi, terkenal sebab lembah suburnya di kawasan-kawasan tepi sungai.

e. Dataran Rendah dan Tinggi

Di sebelah selatan Pennines terdiri atas perbukitan hijau seperti Bukit Cotswold, Bukit Chiltern, North Downs dan South Downs.

Semenanjung Barat Daya di West Country juga mencakup tegalan dataran tinggi yang beriklim sedang seperti Dartmoor dan Exmoor. Kedua kawasan ini ditetapkan sebagai taman nasional.

f. Taman Nasional

Di Pennines terdapat tiga taman nasional yaitu Yorkshire Dales, Northumberland, dan Peak District. Titik tertinggi di Inggris berada pada 978 meter (3,209 ft) di Scafell Pike, Cumbria. Bukit Cheviot membentang melintasi perbatasan antara Inggris dan Skotlandia.

Inggris memiliki sumber daya geologi yang beragam, termasuk batu bara yang sangat mendukung revolusi industri di Inggris. Selain itu, Inggris juga memiliki sumber daya minyak bumi dan gas yang memasok kebutuhan energinya selama abad ke-20.

Energi panas bumi juga dimiliki Inggris dalam jumlah terbatas. Beberapa sumber daya mineral yang tersedia di negara ini adalah pasir dan kerikil untuk bangunan, logam, dan lempung.

 

Credits Photo: Geologinesia

Cari Artikel Lainnya