Home » Kongkow » Tahukah Kamu » LIFEIni Arti di Balik Warna Seragam Sekolah di Indonesia

LIFEIni Arti di Balik Warna Seragam Sekolah di Indonesia

- Rabu, 08 Januari 2020 | 15:56 WIB
LIFEIni Arti di Balik Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Seragam sekolah dari SD, SMP hingga SMA memiliki warna yang berbeda. Bajunya memang sama semuanya berwarna putih, tapi pada bagian celananya memiliki warna yang berbeda. Seragam SD memiliki warna merah, SMP berwarna biru dan SMA berwarna abu-abu.

Warna tersebut bukan dipilih secara asal-asalan, tapi di balik warna seragam sekolah di Indonesia memiliki arti tersembunyi yang jarang diketahui banyak orang. Kira-kira apa yah makna di balik warna seragam sekolah dari SD, SMP hingga SMA?

1. Seragam SD

Ini Arti di Balik Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Foto: Selipan

Warna merah pada seragam SD melambangkan hasrat dan energi. Warna ini diharapkan bisa mendorong hasrat anak untuk terus sekolah dan meneruskan ke jenjang pendidikan berikutnya.

2. Seragam SMP

Ini Arti di Balik Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Foto: Female Radio

Seragam SMP memiliki warna biru yang melambangkan komunikasi dan percaya diri. Warna biru diharapkan bisa menciptakan komunikasi yang baik di kalangan para siswa karena masa SMP adalah masa-masa pencarian jati diri.

3. Seragam SMA

Ini Arti di Balik Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Seragam SMA memiliki warna putih di bagian bajunya dan abu-abu di bagian celananya. Warna abu-abu melambangkan kedewasaan dan ketenangan. Warna abu-abu mendorong anak-anak untuk berpikir dan bertingkah lebih dewasa serta harus mampu menghadapi masalah dengan pikiran tenang.

Cari Artikel Lainnya