Home » Kongkow » Kesehatan » Kurma, Buah Super Tameng Tubuh Anda

Kurma, Buah Super Tameng Tubuh Anda

- Senin, 05 April 2021 | 14:00 WIB
Kurma, Buah Super Tameng Tubuh Anda

Kurma adalah buah yang mudah Anda dapatkan ketika Ramadhan menjelang memiliki banyak manfaat. Selain memasok energi, buah ini juga mengandung protein, lemak, dan mineral seperti tembaga, magnesium, zat besi serta asam folat. Berikut adalah manfaat kurma bagi Anda, menurut dr. Stella Evangeline Bela, M.Gizi., Sp.GK., anggota dari Perhimpunan Dokter Klinik Indonesia.

Dongkrak energi

Kurma merupakan sumber energi yang baik untuk dikonsumsi. “Glukosa dan fruktosa yang ada dalam kurma merupakan sumber yang baik bagi tubuh untuk memproduksi banyak energi,” kata Stella. Pada saat Anda mengalami hari yang melelahkan atau membutuhkan banyak energi untuk berolahraga, sebaiknya jangan ragu-ragu untuk mengonsumsi kurma ini.
Atasi gangguan di usus. Berkat kandungan nikotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. “Mengonsumsi kurma dalam jumlah yang sedang dan rutin dapat menghambat pertumbuhan organisme atau bakteri jahat dalam tubuh,” kata Stella. Selain itu, serat larut dan asam amino dalam kurma juga dapat membantu pencernaan agar makanan lebih mudah diserap tubuh.

Kaya antioksidan

Antioksidan dan asam amino yang terdapat pada kurma bisa meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, dan kesehatan kulit. Antioksidan serta serat larutnya juga sangat baik untuk seluruh kesehatan tubuh. Tak sebatas itu saja, vitamin A dan B5 yang ada dalam kurma sangat baik untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin B5 juga baik untuk menangkal aksi radikal bebas, menguatkan pembuluh darah, serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Jaga tulang dan gigi

Berkat mineral yang dikandungnya, kurma menjadi makanan super yang bisa Anda manfaatkan memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis dini. Buah ini juga mengandung selenium, mangan, magnesium, dan tembaga yang merupakan bagian integral dari pertumbuhan tulang sehat, dan gigi kuat. Dengan kata lain, kata Stella, kurma sangat baik dikonsumsi oleh orang lanjut usia dan mereka yang memiliki masalah tulang yang keropos di usia muda. Jika Anda ingin menguatkan tulang, buah kurma bisa menjadi pilihan yang ideal sebagai camilan.
Pelihara jantung. Kurma yang telah dikeringkan secara alami dapat membantu mengontrol jumlah kolesterol dan membantu membersihkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah arteri. “Kurma dapat menjadi pilihan ideal bagi pasien penyakit jantung maupun semua orang yang ingin melindungi kesehatan jantung mereka,” ujar dia..

Cari Artikel Lainnya