Home » Kongkow » Tematik » Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 SD Subtema 3 Halaman 104 -106 Masalah Sampah dan Cara Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 SD Subtema 3 Halaman 104 -106 Masalah Sampah dan Cara Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

- Kamis, 07 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 SD Subtema 3 Halaman 104 -106 Masalah Sampah dan Cara Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Masalah sampah menjadi masalah yang umum dihadapi masyarakat di kota atau daerah mana pun. Berita berikut menyajikan upaya seorang pemimpin daerah untuk mengatasi sampah.

Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah Agar masyarakatnya sadar dengan kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah, Kelurahan Babakanpasar mengajak warganya dalam Gerakan Pungut Sampah (GPS).

Baca Juga:

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 SD Subtema 2 Penyakit Pada Sistem Pernapasan

Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry menyatakan, GPS ini merupakan program Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2016. Program ini bertujuan agar Kota Bogor terbebas dari sampah. Karena masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab bersama kita semua,” jelasnya.

Rokib berharap ke depannya warga Babakanpasar lebih peduli lagi dengan sampah yang selama ini selalu berserakan sehingga wilayah Babakanpasar terbebas dari sampah.

“Kalau sampah ini sudah tertata dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit,” pungkasnya.

Kunci Jawaban tema 2 kelas 5 Sd halaman 104

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan “Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah” di atas.

1. Di mana lokasi daerah pada berita tersebut?

Jawaban: Kelurahan Babakanpasar Kota Bogor

2. Apa masalah yang dihadapi?

Jawaban: kurangnya kesadaran akan lingkungan terutama masalah sampah.

3. Bagaimana penyelesaian yang diambil oleh pemerintah kota tersebut?

Jawaban: Luncurkan Gerakan Pungut Sampah (GPS)

4. Mengapa semua masyarakat bertanggung jawab atas masalah sampah?

Jawaban: Karena masalah sampah yang ada di Kota tersebut adalah masalah bersama dan haruslah menjadi tanggung jawab bersama termasuk warga masyarakat.

5. Apa keuntungannya jika masalah sampah dapat teratasi dengan baik?

Jawaban: Kalau masalah sampah sudah tertata dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit.

Kunci Jawaban tema 2 kelas 5 Sd halaman 105

Apa yang terjadi jika masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas masalah sampah? Diskusikan dalam kelompokmu, lalu sampaikan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.

Jawaban: Jika masyarakat tidak mau ikut bertanggung jawab atas masalah sampah yang ada, maka hal ini akan berdampak buruk terhadap lingkungan. Sampah yang dibiarkan akan mengakibatkan pencemaran lingkungan dan bisa menimbulkan penyakit yang pada akhirnya akan menyerang warga masyarakat itu sendiri.

Sampah yang menumpuk dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan organ pernapasan. Tahukah kamu ada orang yang kegiatan sehari-harinya adalah mengumpulkan sampah yang dapat diolah kembali? Ya, betul. Kita biasa menyebutnya pemulung.

Para pemulung mengumpulkan botol-botol plastik, koran bekas, majalah bekas, dan benda-benda lain yang dapat diolah lagi. Benda-benda itu disetorkan kepada orang-orang yang dapat mengolahnya menjadi benda-benda lain yang berguna. Berikut ini beberapa gambar benda hasil daur ulang.

Kunci jawaban tema 2 kelas 5 Sd halaman 106

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut dalam bentuk diskusi panel bersama seluruh siswa dalam kelasmu.

1. Apa pendapatmu mengenai pekerjaan sebagai pemulung?

Jawaban:

Menurut saya pekerjaan sebagai pemulung adalah pekerjaan yang baik walaupun terkesan kumuh dan kotor, namun kita harus tetap menghargainya.

2. Apa pendapatmu mengenai usaha pembuatan benda-benda daur ulang?

Jawaban:

Menurut pendapat saya, usaha pembuatan benda-benda daur ulang ini sangat bermanfaat untuk mengurangi permasalahan sampah yang ada. Selain itu usaha tersebut pastilah memiliki pekerja yang terampil dan kreatif karena sudah memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang berguna lainnya.

Baca Juga:

Tema 2 Kelas 5 SD Subtema 3 Cara Memelihara Organ Pernapasan

3. Bagaimana cara menghargai jasa para pemulung?

Jawaban:

Cara kita menghargai jasa para pemulung yaitu dengan memilah sampah sebelum dibuang. Sampah harus dipisahkan sesuai jenisnya untuk memudahkan pekerjaan pemulung.

4. Bagaimana cara menghargai usaha membuat benda-benda daur ulang?

Jawaban:

Cara menghargai usaha membuat benda-benda daur ulang adalah dengan membeli atau menggunakan benda-benda daur ulang untuk berpartisipasi dalam usaha mengurangi sampah.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya