Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Komet Raksasa Menuju Matahari, Terbesar Sepanjang Sejarah

Komet Raksasa Menuju Matahari, Terbesar Sepanjang Sejarah

- Kamis, 01 Juli 2021 | 16:00 WIB
Komet Raksasa Menuju Matahari, Terbesar Sepanjang Sejarah

Sebuah komet raksasa dari pinggiran Tata Surya telah ditemukan dalam 6 tahun data dari Survei Energi Gelap (DES). Komet Bernardinelli-Bernstein diperkirakan sekitar 1000 kali lebih besar dari komet biasa, menjadikannya komet terbesar yang ditemukan di zaman modern. Naga Raksasa itu memiliki orbit yang sangat memanjang, melakukan perjalanan ke dalam dari Awan Oort yang jauh selama jutaan tahun. Ini adalah komet paling jauh yang ditemukan di jalur masuknya, memberi kita waktu bertahun-tahun untuk menyaksikannya berevolusi saat mendekati Matahari, meskipun diprediksi tidak terlihat dengan mata telanjang. Spacedaily, 28/6.

Naga raksasa dari pinggiran Tata Surya itu diperkirakan berdiameter 100-200 kilometer, atau sekitar 10 kali diameter sebagian besar komet, merupakan peninggalan es yang terlempar keluar dari Tata Surya oleh planet-planet raksasa yang bermigrasi dalam sejarah awal Tata Surya. Komet ini sangat berbeda dengan yang terlihat sebelumnya dan perkiraan ukuran besar didasarkan pada seberapa banyak sinar matahari yang dipantulkannya.

Dengan diameter ratusan kilometer akan menhasilkan ekor komet (koma) sekitar 1 miliar kilometer. Naga raksasa ini akan mencapai panjang ekor maksimal saat berjarak paling dekat (perihelion) saat menggoda Matahari.

Pedro Bernardinelli dan Gary Bernstein, dari University of Pennsylvania, menemukan komet - bernama Comet Bernardinelli-Bernstein (dengan penunjukan C/2014 UN271) - tersembunyi di antara data yang dikumpulkan Dark Energy Camera (DECam) 570 megapiksel yang dipasang di Victor Teleskop 4 meter M. Komet Bernardinelli-Bernstein saat ini lebih dekat dengan Matahari. Ini pertama kali terlihat oleh DES pada tahun 2014 pada jarak 29 SA (4 miliar kilometer atau 2,5 miliar mil, kira-kira jarak Neptunus), dan pada Juni 2021, jaraknya 20 au (3 miliar kilometer atau 1,8 miliar mil, jarak Uranus) dari Matahari dan saat ini bersinar pada magnitudo 20. Orbit komet tegak lurus dengan bidang Tata Surya dan akan mencapai titik terdekatnya dengan Matahari (dikenal sebagai perihelion) pada tahun 2031, ketika akan sekitar 11 SA jauhnya (sedikit lebih jauh dari jarak Saturnus dari Matahari) - tetapi jaraknya tidak akan lebih dekat. Terlepas dari ukuran komet, saat ini diperkirakan bahwa pengamat langit akan membutuhkan teleskop amatir yang besar untuk melihatnya, bahkan dalam kondisi paling terang sekalipun.

 

Cari Artikel Lainnya