Home » Kongkow » Tokoh » Katherine Johnson, Matematikawan Legendaris NASA

Katherine Johnson, Matematikawan Legendaris NASA

- Kamis, 02 April 2020 | 10:00 WIB
Katherine Johnson, Matematikawan Legendaris NASA

Katherine Johnson, seorang yang sangat berjasa dalam misi pendaratan Bulan NASA, tanpanya mungkin perjalanan luar angkasa tidak mungkin dilakukan.

Katherine merupakan salah satu ahli matematika yang menentukan arah roket serta orbit pesawat pada misi-misi awal NASA dan ahli matematika Afrika-Amerika pertama yang bekerja untuk NASA.

Matematikawan NASA

Saat bekerja di NASA, Katherine menghitung orbit Bumi untuk dilewati oleh astronot Alan Shepard, orang Amerika pertama yang keluar angkasa.

Mulai saat itu, Alan Shepard secara spesifik meminta Johnson untuk menghitung hal yang sama untuknya dan menolak mengangkasa tanpa perhitungan matematika Katherine.

Termasuk dalam juga dalam misi pendaratan bulan NASA menggunakan pesawat Apollo 11 pada tahun 1969.

Film Hidden Figures

Pada 2016, potret Johnson diabadikan dalam film yang mendapatkan nominasi Oscar yaitu Hidden Figures.

Film ini menceritakan kehidupan seorang Katherine Johnson sebagai seorang perempuan yang bekerja di NASA.

Salah satu adegan film Hidden Figure

Katherine Johnson bersama pemain film Hidden Figure

Selain itu, dalam film ini juga menunjukkan perjuangan kaum perempuan berkulit berwarna di Amerika Serikat di tengah iklim segregasi—pemisahan berdasarkan ras atau warna kulit—karena diskriminasi warna kulit yang masih kental saat itu.

Penghargaan Presidential Medal of Freedom

Atas kepiawaiannya mengkalkulasi matematika, beliau dianugerahi Presidential Medal of Freedom oleh Mantan Presiden AS Barack Obama pada 2015.

Kini Katherine telah meninggal diusia 101 di tanggal 24 Februari lalu. Namun, sosoknya yang luar biasa telah membukakan pintu bagi wanita dari berbagai ras untuk mengeksplorasi luar angkasa.

Cari Artikel Lainnya