Home » Kongkow » Kesehatan » Jenis Vitamin Yang Berperan Dalam Proses Reproduksi

Jenis Vitamin Yang Berperan Dalam Proses Reproduksi

- Rabu, 10 Februari 2021 | 11:00 WIB
Jenis Vitamin Yang Berperan Dalam Proses Reproduksi

Vitamin A

Vitamin A memiliki beberapa jenis, namun yang paling populer diantaranya adalah karoten, karotonid, dan retinol. Ketiga jenis tersebut memiliki sumber vitamin yang berbeda, namun sama-sama memberikan manfaat bagi tubuh. Vitamin yang populer digunakan untuk menjaga kesehatan mata ini ternyata juga memiliki manfaat tersembunyi untuk menyaga pertumbuhan dan perkembangan embrio selama kehamilan. Dengan alasan tersebutlah ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi vitamin satu ini.

Selain sebagai vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi dan mata, vitamin A juga memiliki manfaat lain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi masalah kulit, dan menjaga kesehatan tulang dan jantung. Begitu banyaknya manfaat yang diberikan membuat sayuran satu ini sangat sayang untuk ditinggalkan dari konsumsi harian. Sumber vitamin A dari makanan yang biasa dikonsumsi terdapat pada sayur, buah, ubi, keju, teur, susu, mentega, dan sebagainya.

Vitamin B6

Vitamin B6 yang lebih tinggi dapat memberikan efek meningkatkan tingkat kesuburan yang lebih baik khususnya untuk mereka yang memilki gander wanita. Jenis vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi ini dapat membantu menurunkan homicysteine yang terdapat pada organ repoduksi wanita yang dapat membantu meminimalisir masalah ovulasi. Dengan begitu, vitamin B6 membantu untuk meningkatkan potensi anda memiliki keturunan. Vitamin ini banyak  terdapat pada beras merah, gandum, biji-bijian, buah, ikan, dan daging tanpa lemak.

Vitamin B9

Vitamin B9 ini lebih sering disebut dengan nama asam folat. Terpenuhinya tubuh dari kebutuhan nutrisi asam folat dapat memenuhi kebutuhan kadar progesteron. Progresteron sendiri hormon yang terdapat pada perempuan yang mampu mempengaruhi tingkat kesuburan. Apabila tubuh kekurangan vitamin ini, maka dapat memberikan akibat terhadap ganguan ovulasi peda wanita. Dan untu pria kekurangan asam folat dapat menurunkan kualitas dari sperma itu sendiri.

Vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi ini banyak ditemukan dari makanan sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung protein yang tinggi. Bagi anda yang sedang hamil, konsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi mampu resiko cacat lahir yang akan dialami oleh janin. Selain itu, asam folat juga memiliki peranan yang penting dalam perkembangan otak dan pembentukan sel darah merah pada janin anda.

Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin larut air yang danta populer untuk menjaga sistem imun tubuh sehingga terhindar dari jenis penyakit tertentu yang dapat merusak fungsi sel tubuh. Vitamin C juga merupakan sumber antioksidan yang mampu mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari radikal bebas. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam vitamin C ini juga memiliki peranan dalam meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan kualitas sperma an membantu mengurangi fregmentasi DNA sperma itu sendiri.

Vitamin C kini sudah banyak dijual dalam bentuk tablet multivitamin dengan beberapa nerk yang menawarkan banyak manfaat. Namun, vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi sangat baik apabila dikinsumsi dari makanannya itu sendiri secara langsung. Jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi diantaranya Buah (jambu biji, jeruk, kiwi, lemon, dan lainnya) dan beberapa  jenis sayuran.

Vitamin D

Vitamin D sendiri memiliki dua jenis utama yaitu D2 dan D3. Secara umun, vitemin D dimanfaatkan dalam tubuh untuk membentuk tulang dan menjaga kesehatan organ jantung, otot, dan otak. Dalam organ reproduksi sendiri kekurangan nutrisi vitamin D dapat menyebabkan peningkatan resiko endometriosis, infestilitas, dan ovulasi. Masalah yang ditimbulkan tersebut menunjukan bahwa vitamin D memiliki peranan yang penting dalam organ reproduksi.

Vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi satu ini merupakan jenis vitamin yang unik. Pasalnya kebutuhan vitamin ini dapat dipenuhi dengan mudah dan alami dengan paparan matahari yang terkena kulit secara langsung. Mengingat Indonesia memiliki iklim tropis dan lebih dekat dengan matahari, hal ini tentu menjadi hal yang menguntungkan. Selain sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari makan yang kita konsumsi seprti jamur, kuning telur, dan ikan.

Vitamin E

Dalam organ reproduksi pria vitamin E ini memiliki fungsi untuk meningkatkan motilitas dari sel sperma itu sendiri. Sedangkan untuk wanita vitamin E ini memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan dari organ reproduksi wanita tersebut secara umum. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam vitamin E juga sangat mempengaruhi dan mendukung kesehatan dari organ reproduksi baik untuk pria maupun wanita.

Selain sebagai vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi, vitamin E juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mata, otak, dan sel darah merah. Sumber alami dari vitamin ini adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari seperti bayam, brokoli, dan kacang-kacangan. Kini sudah terdapat banyak kapsul vitamin E yang beredar secara luas di pasaran dan sudah mendapatkan izin dar i BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi sesuai dengan aturan dosis.

Itulah daftar vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi.

Cari Artikel Lainnya