Home » Kongkow » Biologi » Jenis Tulang Anggota Gerak Atas dan Bawah Beserta Fungsinya

Jenis Tulang Anggota Gerak Atas dan Bawah Beserta Fungsinya

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 14:00 WIB
Jenis Tulang Anggota Gerak Atas dan Bawah Beserta Fungsinya

Otakers, dalam sistem gerak manusia kita akan mengenal salah satu bagian tubuh yang namanya tulang. Tulang adalah bagian tubuh yang berfungsi sebagai pembentuk rangka dan alat gerak tubuh. Di dalam tubuh kita ada dua kelompok tulang yang membantu anggota gerak, yaitu tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah.

Anggota gerak atas

 

Anggota gerak atas tersusun dari tulang humerus (tulang pangkal lengan), radius (tulang pengumpil), ulna (tulang basta), karpal (tulang pergelangan tangan), metakarpal (tulang telapak tangan), dan falangus (tulang jari tangan).

Fungsi tulang anggota gerak atas antara lain untuk memegang benda, menulis, menggambar, bermain musik, menunjuk arah, memasak, dan fungsi-fungsi lainnya. Lalu apa saja sih jenis tulang anggota gerak atas?

Berikut ini adalah jenis-jenis tulang anggota gerak atas, diantaranya:

Humerus (tulang pangkal lengan), berbentuk panjang seperti tongkat, bagian ujung yang berhubungan dengan bahu membentuk kepala sendi yang bundar disebut kaput humeri.

Radius (tulang pengumpil), berbentuk panjang, terletak lateral (sebelah sisi) sejajar dengan ibu jari. Bagian dataran sendi yang menghubungkan radius dan humerus membentuk bundar, sehingga lengan bawah dapat berputar atau telungkup.

Ulna (tulang hasta), berbentuk panjang, dan merupakan tulang bawah yang lengkungnya sejajar dengan jari kelingking.

Karpal (tulang pergelangan tangan), terdiri atas 8 tulang yang tersusun dalam 2 baris. Karpal merupakan tulang-tulang pendek dengan bentuk yang berbeda-beda, yaitu berbentuk bulat, segitiga, bulan sabit, segi banyak, seperti kacang, berkepala dan berkait.

Metakarpal (tulang telapak tangan), terdiri atas tulang pipa pendek berjumlah 5 buah, dan berhubungan dengan tulang pergelangan tangan dan tulang jari.

Falangus (tulang jari tangan), tersusun dari tulang pipa pendek, berjumlah 14 buah (3 ruas pada masing-masing jari dan 2 ruas pada ibu jari).

Baca Juga :

Tulang Anggota Gerak Atas dan Jumlahnya

Tulang Anggota Gerak Bawah dan Jumlahnya.

Tulang Penyusun Rangka Tubuh Manusia dan Jumlahnya

Anggota gerak bawah

Anggota gerak bawah terdiri atas femur (tulang paha), tibia (tulang kering), fibula (tulang betis), patela (tulang tempurung lutut), tarsal (tulang pergelangan kaki), metatarsal (tulang telapak kaki), dan falangus (tulang jari kaki).

Fungsi dari tulang anggota gerak bawah antara lain menopang berat tubuh dan mengatur gerak tubuh ketika berjalan. Nahh sekarang kita bahas apa saja jenis tulang anggota gerak bawah berikut ini yah.

Femur (tulang paha) merupakan tulang pipa terpanjang dan terbesar. Pangkal tulang dekat panggul membentuk kepala sendi yang disebut kaput femoris. Bagian ujungnya membentuk persendian lutut.

Tibia (tulang kering) merupakan tulang pipa terbesar setelah tulang paha, ikut menopang berat tubuh, bagian pangkal membentuk persendian lutut dengan femur, dan pada bagian ujung bawah terdapat tonjolan yang disebut maleolus medial (mata kaki dalam).

Fibula (tulang betis) merupakan tulang pipa yang paling ramping. Tidak turut menopang berat tubuh, tetapi menambah area perlekatan otot tungkai. Bagian ujung bawah fibula membentuk tonjolan yang disebut maleolus lateral (mata kaki luar).

Patela (tulang tempurung lutut) merupakan tulang pipih berbentuk segitiga yang sudutnya membulat.

Tarsal (tulang pergelangan kaki) terdiri atas 7 tulang kecil pada setiap kaki, yaitu 1 tulang loncat (talus), 1 tulang tumit atau kalkaneus (berukuran lebih besar), 1 tulang berbentuk kapal (navikular), 1 tulang berbentuk dadu (kuboid), dan 3 tulang kuneiformis berbentuk baji.

Metatarsal (tulang telapak kaki) terdiri atas 5 tulang pipa berbentuk bulat panjang. Metatarsal pertama merupakan metatarsal yang lebar pendek dan panjang.

Falangus (tulang jari kaki) terdiri atas tulang pendek berjumlah 14 buah pada setiap kaki. Setiap jari kaki terdiri atas 3 ruas tulang, kecuali ibu jari kaki yang hanya memiliki 2 ruas saja.

Nahh otakers, itulah gambaran tentang tulang anggota gerak atas dan bawah beserta fungsinya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian memahami materi tersebut yah.

Terima kasih sudah membaca artikel utakatikotak. Kalian juga bisa membaca artikel materi ataupun kongkow lainnya disini!

Sumber :
Cari Artikel Lainnya