Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Jenis Musik Vokal Dan Instrumen

Jenis Musik Vokal Dan Instrumen

- Sabtu, 09 April 2022 | 11:00 WIB
Jenis Musik Vokal Dan Instrumen

Dalam proses mempelajari dunia seni musik secara mendalam maka bukan hanya mengetahui dan menghafal lirik lagu namun juga harus mengetahui berbagai macam hal yang berkaitan dengan seni musik mulai dari unsur pembentuknya, cabang maupun jenisnya.

Jenis Musik Vokal

Music vokal adalah musik yang berasal dari suara manusia yang dapat diperoleh dari seorang penyanyi maupun sekelompok orang tanpa adanya suara pengiring atau pendukung lainnya. Dalam karya yang dihasilkan oleh musik vokal sangat bergantung dari jenis vokal yang dimiliki. Musik vokal dapat dibagi kedalam beberapa jenis berdasarkan beberapa hal. Jika dilihat dari jumlah orang yang menghasilkan suara vokal maka dapat dibedakan diantaranya.

  • Solo, Jenis musik vokal yang dihasilkan dari seorang penyanyi saja.

  • Paduan suara, jenis musik vokal yang dihasilkan dari banyak penyanyi dengan berbagai macam jenis suara yang disatukan menjadi satu kesatuan.

  • Grup, jenis musik vokal yang dihasilkan dari beberapa orang dalam satu kesatuan suara seperti duet, trio dan kwartet.

Jenis Musik Instrumen

Musik instrumen adalah sebuah musik yang dihasilkan dari berbagai macam alat musik baik alat musik modern maupun alat musik traditional.

Beberapa alat musik yang umum digunakan sebagai musik instrumen diantaranya drum, biola, piano atau keyboard, cello, gitar, bass, dan berbagai macam alat dari seni musik traditional lainnya yang sering kali digunakan dalam sebuah pagelaran seni musik baik yang bersifat instrumental maupun campuran dengan vokal

Klasifikasi musik instrument bedasarkan suara yang dihasilkan terdiri dari :

a. Idiofon

Idiofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran tubuh bagian inti instrumen itu sendiri. cara memainkannya dipukul dengan alat pemukul.

Contohnya : kolintang, bonang, angklung, gong, kabasa dsb.

b. Membranofoni

Membranofoni adalah jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput atau membran yang terdapat pada instrumen. Cara memainkannya dipukul dengan jari tangan atau alat pemukul.

Contoh: kendang, tifa, rebana, drum, tom-tom, dsb.

c. Kordofoni

Kordofoni adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau senior. Tubuh instrumen/resonator umumnya terbuat dari kayu.

Contoh:  gitar, bass, biola, sitar, piano, dan kecapi.

d. Aerofoni

Aerofoni adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara dalam tabung. Cara memainkannya adalah ditiup.

Contoh: terompet, mus, harmonika, sexofone, trombone, dsb.

e. Elektrofoni

Elektrofoni adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya  berasal dari sinyal hasil osilasi (getaran) sirkuit elektronik.

Contoh: organ dan elekton.

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya