Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Ini Dia Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Ini Dia Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

- Jumat, 27 Desember 2019 | 16:39 WIB
Ini Dia Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Ini Dia Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Indahnya melihat semangkok buah; warna merah, kuning, dan hijau bertumpuk menciptakan sebuah pelangi. Bukan cantik untuk dipandang saja, ternyata ada alasannya lho kenapa buah memiliki warnanya masing-masing.

Merah

Semangka, kol merah, ceri, tomat, stroberi, rasberi

Buah dan sayur dengan warna merah kaya dengan flavanoid, resveratrol, dan vitamin C. Warna cantik ini diakibatkan oleh sebuah zat bernama likopen, yang berperan dalam menjaga kesehatan prostat dan juga kelenjar payudara. Oh ya, antioksidan tersebut juga berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan hati Anda. Pantas saja ya emoji hati berwarna merah! 

Biru/Ungu

Bluberi, anggur, plum, delima, terong

Pigmen antosianin memberikan warna ungu dan biru pada beberapa sayuran serta buah. Semakin gelap warnanya, semakin banyak kandungannya. Pigmen tersebut memiliki antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular alias penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Kandungan flavonoid dan asam ellgaic juga diperkirakan dapat menghancurkan sel kanker. Nah, untuk yang suka lupa

Kuning/Oranye

Wortel, jeruk, pisang, jagung, mangga, labu

Anda sering dengar kan, wortel penting untuk kesehatan mata? Hal ini karena sebagian besar makanan berwarna kuning/oranye menyimpan beta-karoten yang bisa diolah menjadi vitamin A oleh tubuh manusia. Vitamin ini tidak untuk meningkatkan penglihatan Anda saja, tapi juga memengaruhi kulit, gigi, dan tulang Anda. Eye-mazing! Selain vitamin A, buah dan sayur warna ini mengandung vitamin B kompleks yang disebut folat. Ia membantu mencegah cacat janin pada ibu mengandung.

Hijau

Kiwi, Selada, Apel Hijau, Melon, Timun

Warna hijau pada sayuran Anda adalah hasil kerja klorofil, yang juga berguna banyak bagi manusia. Ia membantu proses pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Selain itu, klorofil mempercepat proses penyembuhan pada luka dan melancarkan proses detoksifikasi tubuh. Kandungan lain yang biasanya ada dalam sayuran dan buah hijau adalah saponin, indoles, dan karotenoid yang membantu mencegah kanker. 

Cari Artikel Lainnya