Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Hari Ayah: Pentingnya Figur Ayah bagi Anak Perempuan.

Hari Ayah: Pentingnya Figur Ayah bagi Anak Perempuan.

- Rabu, 11 November 2020 | 08:59 WIB
Hari Ayah: Pentingnya Figur Ayah bagi Anak Perempuan.

Hari Ayah di Indonesia

Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). ... Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Siapa yang paling bertanggungjawab dalam hal tingkah laku dan kepribadian seorang anak perempuan? Ayah atau Ibu? Ada anggapan umum, bahwa ibulah yang paling bertanggung jawab. Logikanya, banyaknya anggapan bahwa dia lebih siap untuk mengidentifikasi dengan perspektif perempuan.

Namun, ayah ternyata memiliki kesempatan yang serupa dengan ibu untuk menangani masalah tersebut, bahkan mungkin lebih penting. Hal tersebut diperkuat dengan hasil dari sejumlah penelitan yang menunjukkan dampak positif bahwa hubungan atau kedekatan antara ayah dengan anak perempuan mereka memiliki dampak yang sangat kuat terhadap harga diri seorang wanita. Bahkan ada yang membuktikan bagaimana hal itu dapat mengurangi gangguan makan.

“Ikatan ayah dan anak adalah salah satu yang paling penting dan akan membingkai bagaimana seorang anak perempuan muda memandang pria dan karena itu bagaimana dia memiliki hubungan (dengan pria) sepanjang hidupnya nanti,” jelas Emmy Brunner, pendiri dan direktur The Recover Clinic. Menurut Brunner, jika seorang anak perempuan merasa benar-benar diterima secara fisik oleh ayahnya dan cukup baik ‘seperti dia’ ini akan memberikan dampak positif tentang bagaimana dia memandang dirinya secara fisik.

Dikatakan Brunner, seorang ayah adalah figur laki-laki pertama yang ditemui oleh seorang anak sejak masa kecilnya. Oleh karena itu, secara psikologis ia akan merekam apa yang ayahnya sebagai bekal bagaimana ia akan bergaul dengan laki-laki nantinya. Anak yang cenderung tertutup terhadap teman laki-lakinya, kemungkinan dirinya tidak mendapatkan kedekatan dengan ayahnya. 

Cari Artikel Lainnya