Home » Kongkow » IPA » HUBUNGAN ANTARA MAKLHUK HIDUP DALAM SUATU EKOSISTEM

HUBUNGAN ANTARA MAKLHUK HIDUP DALAM SUATU EKOSISTEM

4 months 'ago'

HUBUNGAN ANTARA MAKLHUK HIDUP DALAM SUATU

EKOSISTEM

Diketahui bahwa setiap makhluk yang ada di dalam ekosistem berinteraksi satu sama lain. Karena, dengan adanya interaksi, maka ekosistem dapat berjalan dengan seimbang. Tetapi dalam ekosistem itu, interaksi yang dilakukan memiliki bentuk, hubungan, dan tujuan. Apa saja hubungan yang terjadi di dalam sebuah ekosistem dan bagaimana bentuk serta dampaknya? Yuk kita mempelajarinya!

Hubungan antar makhluk hidup yang terjadi pada sebuah ekosistem, berguna untuk menjaga kestabilan ekosistem tersebut. Jika interaksi/hubungan antar makhluk tidak berjalan dengan baik dan seimbang, akan ada sebuah ketimpangan yang terjadi pada suatu ekosistem, dan itu tidak baik untuk ekosistemnya, atau untuk makhluk hidup yang ada di dalamnya. Interaksi/hubungan dalam sebuah ekosistem misalnya simbiosis .

Simbiosis

Simbiosis adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling berhubungan, dalam hubungan ini ada 3 bentuk interaksi, ada yang menguntungkan satu sama lain, menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain, serta menguntungkan satu pihak, tetapi pihak lainnya tidak dirugikan. Simbiosis kemudian terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk yang saling menguntungkan

Contoh :

mutualisme lebah bunga

Lebah madu dan tanaman berbunga.

Lebah madu mendapatkan makanan berupa madu dari bunga, sedangkan bunga mendapatkan keuntungan dalam berkembang biak karena proses penyerbukan dilakukan oleh lebah madu, sehingga memungkinkan daerah penyerbukan yang lebih luas.

2. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan tetapi makhkuk yang satu dirugikan. Hal ini terjadi karena biasanya salah satu makhluk tersebut tidak bisa melakukan sesuatu karena kekurangan organ atau enzim, tetapi membutuhkannya untuk bertahan hidup.

Contoh :

taliputri benalu

Contohnya adalah tumbuhan tali putri. Tumbuhan ini tidak memiliki klorofil atau zat hijau daun yang diperlukan untuk proses fotosintesis, sehingga tumbuhan ini menempelkan dirinya pada tumbuhan lain untuk mengambil sari-sari makanan.

3. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan sedangkan yang lainnya tidak dirugikan dan tidak mendapatkan keuntungan.

Contoh :

Contoh simbiosis komensalisme

Ikan badut yang berlindung di dalam anemon

Contohnya adalah anemon laut dengan ikan badut. Ikan badut memiliki zat yang melapisi tubuhnya sehingga kebal dengan sengatan anemon laut. Sementara ikan badut tinggal di sela-sela anemon untuk mencari perlindungan dari predator. Anemon tidak mendapatkan gangguan atau keuntungan dari hal ini.

 

.

 

 

 

 

utakatikotak
0
utakatikotak
109
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :