Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Gerhana Bulan Sebagian Terlama Bakal Muncul 19 November 2021, Bisa Terlihat di Jawa Timur

Gerhana Bulan Sebagian Terlama Bakal Muncul 19 November 2021, Bisa Terlihat di Jawa Timur

- Kamis, 18 November 2021 | 10:00 WIB
Gerhana Bulan Sebagian Terlama Bakal Muncul 19 November 2021, Bisa Terlihat di Jawa Timur

Gerhana Bulan Sebagian merupakan kondisi di mana sebagian permukaan Bulan tertutupi bayangan atau umbra Bumi. Tahun ini, Indonesia akan mengalami fenomena Gerhana Bulan Sebagian tepatnya pada, Jumat 19 November 2021.

Baca juga: Jelaskan terjadinya gerhana matahari total dan gerhana bulan total?

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengungkap, gerhana bulan 19 November ini bakal menjadi gerhana bulan sebagian terlama pada abad ini. Pasalnya, melansir dari BBC Indonesia, umumnya fenomena gerhana bulan sebagian hanya berlangsung selama kurang dari dua jam. Namun diprediksikan pada gerhana bulan sebagian kali ini bayangan bumi akan menutupi bulan selama 3 jam dan 28 menit.

Baca juga: Mitos Gerhana Bulan dari Berbagai Belahan Dunia

Lapan menyebutkan bahwa sebagian wilayah Jawa Timur bisa menyaksikan fenomena tersebut. Untuk wilayah Jatim, peristiwa gerhana bulan sebagian ini bisa teramati di Malang dan sekitarnya, yakni saat bulan terbit hingga jelang akhir fase gerhana bulan sebagian berakhir pukul 19.05 WIB.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya