Home » Kongkow » Materi » Fungsi Tulang Telapak Tangan

Fungsi Tulang Telapak Tangan

- Selasa, 03 September 2019 | 10:55 WIB
Fungsi Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan merupakan menjadi titik pertemuan bagian tulang falang ( jari-jari ) dan ibu jari ke dalam pergelangan tangan, menstabilkan daerah telapak tangan dan punggung tangan kita. Ada lima tulang metakarpal, setiap tulang telapak tangan terhubung ke falang proksimal dari jari yang bersangkutan.

Berikut penjelasan di bawah ini :

Pengertian Fungsi Dari Telapak Tangan

Tulang telapak tangan ialah struktur kerangka tengah tangan yang membentuk hubungan antara tulang karpal (pergelangan tangan) dan falang (jari).

Memang tidak mungkin bagi Alloh SWT menciptakan tujuan telapak tangan kalau tidak ada fungsinya. Perlu kita ketahui bahwa tangan yang ada pada diri kita manusia yang telah di gunakan sekarang ini, tidak dapat bekerja sedemikian rupa karena adanya tulang telapak tangan atau ossa carpus dan ossa carpal.

Sebagaimana mestinya beberapa fungsi tulang telapak tangan pada manusia di bawah ini :

  • Menyusun bentuk tangan maupun telapak tangan manusia sehingga bisa terbentuk seperti sekarang ini
  • Sebagai alat untuk pergerakan pasif kepada ekstremitas atas manusia
  • Mampu memberikan stabilitas pada tangan saat bergerak
  • Mampu memberikan kekuatan struktur tangan sehingga mampu menahan beban yang berat
  • Sebagai tempat menempelnya ujung – ujung otot Tangan bawah atau otot – otot kecil pada jari.
  • Salah satu Tempat melekatnya ( jaringan ikat ) pada tulang jari atau tulang lengan bawah ( hasta atau pengumpil )
  • Menjaga jari – jari yang ada pada tangan tidak terlepas atau tidak terurai karena adanya jaringan ikat.
  • Karena adanya tulang tangan (os. carpal / carpus), tangan mampu dibengkokkan sedikit (abduksi) ke arah tulang pengumpil (radius) dan di bengkokkan 40 derajat (abduksi) ke arah tulang hasta.
  • Berfungsi dalam gerakan palmar flexion dan dorsoflexion (perhatikan gambar di bawah).

fungsi tulang telapak tangan

Bagian Tulang Telapak Tangan

Pada tulang telapak tangan memiliki 2 bagian utama, diantaranya adalah :

  • Bagian Keras

Di bagian keras terdapat beberapa bagian tulang yang keras yaitu tulang penghubung, carpal merupakan bagian tulang yang berbentuk bulat dan pendek yang berjumlah 8 buah, beratikulasi atau bersambungan dengan ujung tulang distal dan radius.

  • Bagian Lunak

Di bagian lunak telapak tangan yang bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda, yang terdiri dari bagian yang berurutan , di telapak tangan juga terdapat tulang yang lunak sehingga mudah terjadi kerusakan tulang dan mengalami patah tulang.

Letak Tulang Telapak Tangan

Tulang metakarpal terletak di posisi tengah, antara tulang pergelangan tangan dan tulang jari tangan di dalam struktur tulang manusia.

Untuk lebih jelasnya lihatlah gambar bagiannya dibawah ini :

letak tulang pergelangan tangan

Baca Juga : Fungsi Tulang Pergelangan Tangan (LENGKAP dengan Gambar dan Penjelasannya)

Struktur Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan sangat berfungsi supaya tangan bisa melakukan aktifitas seperti kekurangan, ketika salah satu meta karpal, yaitu menempel pada bagian ibu jari dan terletak di jari kelingking, saling berdekatan, keringkungan telapak tangan menjadi menonjol.

Otot Tulang Telapak Tangan

Otot ini merupakan salah satu otot yang sangat berguna untuk membatu kekuatan tangan berperan penting memberikan kekuatan pada jari-jemari saat melakukan gerakan motoris atau aktifitas lainya, yaitu kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan fisik.

Penyebab Cedera Tulang Telapak Tangan

Salah satu Tulang telapak tangan dapat mengalami cedera, seperti patah apabila terkena pukulan langsung yang keras. Keadaan ini banyak dialami oleh petinju dan atlit olah raga. sering terjadi yang menyerang tulang telapak tangan bisa lama sembuh nya, hingga akan terjadi cedera struke ketangkasan tangan secara permanen.

Sarap Telapak Tangan

Saraf yang ada di telapak tangan bersatu dengan pergelangan. Semua saraf tersebut berjalan kearah sisi tangan berdampingan dengan pembuluh darah. Saraf membawa sinyal dari otak ke otot untuk menggerakkan otot-otot di telapak tangan. Saraf juga membawa sinyal kembali ke otak agar Anda dapat merasakan sensasi seperti sentuhan, rasa sakit, dan suhu.

Gangguan Pada Otot Telapak Tangan

Struktur otot yang tampak dari telapak tangan menunjukkan betapa rumit dan kompleks nya anggota tubuh yang satu ini. Masalah kecil pada telapak tangan mungkin saja dapat mengganggu fungsi tangan keseluruhan.

Meski memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing, namun setiap bagian telapak tangan berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, jika ada satu atau beberapa bagian telapak tangan mengalami gangguan, maka akan berdampak langsung pada kemampuan anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa kondisi umum yang bisa memengaruhi telapak tangan, entah itu itu persendian, patah tulang.

Infeksi Telapak Tangana

Tergantung penyebabnya, infeksi di telapak tangan bisa disebabkan oleh banyak hal, berikut beberapa yang paling umum.

  1. Salah satu infeksi yang bisa menyerangan telapak tangan anda adalah keram atau kesemutan. kondisi ini dapat disebabkan karena adanya infeksi jamur, bakteri, atau parasit yang menumpuk di bawah kulit dan di telapak tangan.
  2. Terkadang, keram juga bisa terjadi karena anda sering kuku, kependekan memotong kuku, pakai kuku palsu, atau terlalu lama menggunakan sarung tangan yang lembap.
  3. Telapak tangan yang mengalami infeksi akan tampak bengkak, meradang, dan terasa nyeri. Kulit di sekitar telapak tangan akan mengkerut. Jika tidak ditangani dengan cepat, kondisi ini dapat memmbuat telapak tangan anda mengeras dan rusak. Bahkan lebih parahnya lagi, kondisi ini bisa menyebabkan telapak tangan anda akan matirasa/struk.

Cara Pengobatan Telapak Tangan Sakit

Pada fungsinya, pilihan pengobatan tradisional atau tindakan medis untuk mengatasi berbagai gangguan telapak tangan yang sudah disebutkan di atas tergantung pada penyebabnya atau terapi fisik yang harus anda lakukan.

Baca Juga : Sistem Gerak Manusia, Rangka (Tulang), Jenis dan Fungsi Tulang, Bentuk Tulang, Persendian, Otot, Kelainan Tulang dan Otot

Tips Untuk Melindungi Telapak Tangan

Setelah anda mengetahui struktur telapak tangan, serta berbagai gangguan yang akan terjadi, sangat penting bagi anda untuk menjaga dan melindungi organ di sekeliling anda. Beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk melindungi telapak tangan di antaranya:

  • Menghindari aktivitas telapak tangan supaya tidak mengangkat beban yang terlalu berat
  • Menjaga kebersihan telapak tangan sehinga risiko infeksi bisa dicegah
  • Selalu berhati-hati ketika bertindak untuk mencegah terjadinya cedera atau trauma di telapak

Rangkaian Tulang Telapak Tangan Pada Manusia

  • Tulang hata
  • Tulang pergelangngan membentuk sabit
  • Tulang bundar kecil
  • Tulang tulang telapak tangan
  • Tulang pengumpil
  • Tulang berlikat tulang panggkal lengan
  • Tulang kerudung
  • Tulang trapesium
  • Tulang jari tangan
  • Tulang ruas jari belakang
  • Tulang ruang ujung jari
  • Tulang ruas jari belakang
  • Tulang ruas jari tengah
  • Tulang ruas ujung jari

Kesimpulan Tulang Telapk Tangan?

Tulang telapak tangan akan mempunyai arti dan bagian-bagian sehingga telapak tangan yang ada pada manusia, tulang ini berfungsi sebagai tempat tulang-tulang jari dan telapak tangan dan mencengram atau memegang obyek.

 

Cari Artikel Lainnya