999 +
0
63
0
Fungsi Tulang Pergelangan Tangan (LENGKAP dengan Gambar dan Penjelasannya)
4 weeks 'ago'

Fungsi tulang pergelangan tangan adalah sebagai alat gerak tangan, tempat menempel otot tangan, dan penghubung antara tulang jari dengan tulang pangkal lengan.

Tahukah anda, tubuh manusia tersusun dari 206 tulang yang membentuk kerangka tubuh. Kerangka tubuh terdiri dari berbagai jenis tulang yang memiliki fungsi dan bentuk yang  berbeda untuk menjalankan kerja tubuh.

Perlu diketahui bahwa terdapat tulang yang mampu digerakan dan terdapat tulang yang tidak mampu digerakan.

Nah, salah satu contoh tulang yang dapat digerakan adalah tulang pergelangan tangan. 

Fungsi tulang pergelangan tangan manusia

Daftar Isi

Tulang Pergelangan Tangan

Apa itu tulang pergelangan tangan?

Tulang pergelangan tangan adalah tulang yang berada pada daerah pergelangan tangan dan siku serta memiliki otot-otot untuk menggerakan tangan.

Tulang ini termasuk kedalam jenis tulang pendek atau carpal. Seperti dengan namanya, tulang ini berbentuk bulat dan pendek. Sebagai contoh, sama halnya dengan tulang pergelangan tangan, tulang pendek juga terdapat pada tulang pergelangan kaki dan ruas-ruas tulang belakang.

Pergelangan tangan tersusun dari delapan tulang pendek yang termasuk sebagai jenis tulang keras. Tulang pergelangan tangan terbentuk dari sel tulang yang memiliki saluran havers berisi pembuluh darah.

Struktur tulang pergelangan tangan yang kuat dan kokoh mengandung senyawa berupa zat kapur dari kalsium karbonat dan kalsium fosfat yang didapatkan melalui aliran darah.

Nah, bagaimana komponen penyusun tulang pergelangan tangan, berikut penjelasannya.

Penyusun Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan tersusun dari delapan tulang yang tersambung dengan ulna (tulang hasta) dan radius (tulang pengumpil).

Fungsi tulang pergelangan tangan

(sumber: learniseasy)

Untuk lebih detail mengenai letak penyusun tulang pergelangan tangan, berikut penjelasannya

  1. Skafoid (schapoideum) terletak pada perbatasan radial dan berada pada sisi lateral ibu jari
  2. Capitate (capitatum) terletak pada daerah pusat tulang pergelangan tangan sering disebut sebagai pergelangan tangan
  3. Trapezoid (trapezoideum) terletak diantara trapezium dan kapitatum tulang karpal
  4. Trapezium (trapezium) terletak diatas skafoid sehingga membentuk batas radial dari garis melintang distal
  5. Lunatum terletak pada bagian tengah dari baris karpal proksimal
  6. Trikuetrum (triguetrum) adalah tulang piramidal yang terletak pada bagian tengah baris proksimal
  7. Pisiformis (pisiforme) terletak pada bagian terakhir barisan proksimal yang menandai batas ulna
  8. Hamate (hamatum) terletak pada batas ulna dari baris melintang distal

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan juga disebut sebagai tulang karpal. Terdapat tiga fungsi tulang pergelangan tangan sebagai berikut:

1. Sebagai Alat Gerak Tangan

Tulang pergelangan tangan berfungsi sebagai alat gerak bagian tangan dengan bantuan otot-otot. Tulang yang menyusun pergelangan tangan terdapat sendi kaku yang menyebabkan pergerakannya terbatas.

Sedangkan terdapat sendi pelana yang menghubungkan antara pergelangan tangan dengan telapak tangan.

Pergerakan pergelangan tangan membentuk gerak kearah vertikal yaitu fleksi dan ekstensi. Fleksi adalah gerakan pergelangan tangan ke bawah dan ekstensi adalah gerakan ke belakang pergelangan tangan.

2. Tempat Menempelnya Otot Tangan

Otot adalah bagian yang penting untuk membantu gerak tangan. Otot yang menempel pada tangan menjadi sensor-sensor gerak sehingga memudahkan kita mengerakan tangan.

Terdapat dua jenis otot pada pergelangan tangan yaitu otot ekstensor dan otot fleksor. Dua jenis otot ini menyebabkan terjadinya berbagai gerak yang dibantu oleh sendi kaku dan sendi pelana pada bagian tulang pergelangan tangan.

3. Penghubung Tulang Jari dan Tulang Pangkal Lengan

Fungsi pergelangan tangan digunakan sebagai penghubung jari pada ujung bawah dengan tulang pangkal lengan.  Susunan pergelangan tangan yang terdiri dari tulang pendek dan berbentuk bulat membentuk carpal sehingga mampu menghubungkan tulang jari dengan tulang pangkal lengan.

Gangguan pada Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan dapat mengalami beberapa gangguan. Berikut ini adalah beberapa gangguan tersebut:

a. Patah Tulang Skafoid

Cedara ini bisa dialami ketika jatuh atau kecelakaan yang menyebabkan tulang skafoid pada pergelangan tangan mengalami fraktur (patah atau retak). Patah tulang Skafoid juga menyebabkan gejala klinis seperti rasa sakit dan pembengkakan pada daerah yang dikenal anatomical snuffbox. Proses penyembuhan patah tulang skafoid dapat dilakukan dengan perawatan khusus oleh dokter dan pemasangan gips.

b. Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom ini menyebabkan kondisi tangan dan lengan terasa sakit akibat terjepitnya saraf pada pergelangan tangan. Dimana saluran sempit terletak di pergelangan tangan (carpa tunnel) yang berfungsi untuk melindungi saraf tangan dan sembilan tendon jari terkena tekanan, kemudian saraf akan merasa sakit yang menyebabakan fungsi tangan menjadi lemah.

Proses penyembuhan Sindrom Carpal Tunnel dilakukan dengan cara meminimalisir penggunaan pergelangan tangan dengan jangka waktu tertentu sampai kondisi tangan mulai membaik.

Selain itu, penggunaan perban dan belat mampu menstabilkan pada daerah yang sakit disamping itu penggunaan obat-obat untuk penghilang rasa nyeri dapat digunakan dalam kasus-kasus tertentu.

Hampir semua aktivitas sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari tangan, seperti menulis, makan, minum dan sebagainya. Fungsi tulang pergelangan tangan sebagai alat gerak tangan amatlah penting untuk dijaga dan dirawat dengan baik agar aktivitas kehidupan kita lancar tanpa gangguan apapun.

Follow Us On :
Ranking
1
Arifah
365
2
3
4
5
Lencana
Kongkow