Home » Kongkow » Materi » Fungsi Retikulum Endoplasma-Deskripsi, Struktur Dan Gambarnya

Fungsi Retikulum Endoplasma-Deskripsi, Struktur Dan Gambarnya

- Kamis, 16 April 2020 | 08:22 WIB
Fungsi Retikulum Endoplasma-Deskripsi, Struktur Dan Gambarnya

Kali ini kita akan membahas materi tentang Fungsi Retikulum Endoplasma-Deskripsi, Struktur Dan Gambarnya Lengkap. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Struktur dan fungsi retikulum endoplasma

Sel yang dimiliki setiap makhluk hidup tentu sangat penting bagi kelangsungan hidupnya. Diketahui bahwa struktur sel-sel ini sangat kompleks. Tidak mengherankan bahwa mereka yang digolongkan sebagai kaum awam akan bingung dengan hal ini.

Ini termasuk pemahaman tentang retikulum endoplasma. Masalahnya adalah bagi mereka yang masih awam, istilah aneh ini terdengar asing di telinga.

Walaupun bisa dibilang bahwa retikulum endoplasma ini tergolong sangat penting untuk diketahui, termasuk dalam penambahan pengertian. Berikut adalah struktur dan fungsi yang harus Anda perhatikan.

Fungsi Retikulum Endoplasma

3 fungsi Retikulum Endoplasma berikut ini sangat penting untuk sel hewan dan tumbuhan:

  • Protein, serta karbohidrat, digunakan sebagai transportasi untuk mencapai berbagai tempat lain di tubuh.
  • Retikulum Endoplasma dapat membantu dalam pembentukan kerangka tulang
  • Membantu pembentukan membran inti

Deskripsi lengkap dari ketiga fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

Hal pertama yang harus Anda ketahui pertama-tama adalah fungsi retikulum endoplasma itu sendiri. Bukan tanpa alasan, karena nyatanya masih banyak orang yang belum tahu banyak, belum lagi memahami ini.

a. Fungsi pertama Retikulum Endoplasma adalah untuk mengangkut protein yang digunakan, serta karbohidrat, untuk sampai ke berbagai tempat lain di dalam tubuh. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa retikulum endoplasma sangat penting bagi makhluk hidup.

b. Retikulum endoplasma dapat membantu dalam pembentukan kerangka tulang. Seperti yang Anda ketahui, bagian tulang ini tentu saja sangat penting untuk kelangsungan hidup setiap makhluk hidup. Kondisi inilah yang membuat setiap makhluk hidup sangat membutuhkan retikulum endoplasma tunggal ini.

c. Retikulum endoplasma dapat memfasilitasi pembentukan membran inti ini. Bagi Anda yang tidak tahu, membran inti itu sendiri terjadi saat pembelahan sel.

Kondisi ini adalah retikulum endoplasma, yang menjadi peran yang sangat penting. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk dapat memahami retikulum endoplasma, seperti ini.

Simak Juga Artikel Lainnya ya :

Bagian-Bagian Sel : Membran Sel, Sitoplasma, Dinding sel, Organel Sel

Pengertian Badan Golgi

Struktur retikulum endoplasma

Hal penting berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah struktur retikulum endoplasma. Dimulai dengan permukaan yang agak kasar.

Biasanya yang memiliki bagian kotor ini adalah jenis retikulum endoplasma kotor. Lain lagi dengan jenis retikulum endoplasma halus, yang tentunya memiliki struktur lebih halus.

Jika Anda sudah tahu tentang fungsi retikulum endoplasma, struktur struktur juga tidak boleh dilewatkan. Strukturnya juga tidak dapat dipisahkan dari ukuran retikulum endoplasma. Terutama untuk bagian yang tergolong beragam. Jadi Anda bisa mengatakan bahwa itu tidak dapat dikalahkan tanpa alasan.

Perbedaan retikulum endoplasma pada tumbuhan dan hewan

Hal terakhir yang harus Anda ketahui adalah perbedaan dalam retikulum endoplasma tumbuhan dan hewan. Masalahnya adalah, walaupun pada kenyataannya kedengarannya sama, kedua hal itu sebenarnya sangat berbeda. Ambil contoh, untuk tanaman, retikulum endoplasma berguna untuk produksi protein dan juga pematangan

Sedangkan retikulum endoplasma pada hewan dirancang untuk mengangkut berbagai senyawa kimia untuk digunakan baik di dalam maupun di luar sel hewan.

Tentu saja, jangan pernah melupakan fungsi dasar menghasilkan protein yang sangat bermanfaat. Mengetahui perbedaan-perbedaan ini tidak diragukan lagi akan memudahkan Anda untuk membedakan antara retikulum endoplasma untuk tanaman dan hewan.

Cari Artikel Lainnya