Home » Kongkow » Materi » Faktor - faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia

Faktor - faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia

- Senin, 15 November 2021 | 08:00 WIB
Faktor - faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia

Artikel ini berisi materi tentang pengertian kesetimbangan kimia, faktor - faktor apa yang mempengaruhi kesetimbangan kimia, faktor konsentrasi terhadap kesetimbangan, faktor perubahan suhu terhadap kesetimbangan, kenaikan tekanan dan volume terhadap kesetimbangan kimia dan pengaruh katalis yang diberikan terhadap kesetimbangan kimia.

Faktor - faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan KimiaMateri ini dirasa mampu memberikan kita pemahaman mengenai faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesetimbangan kimia. Selain dari pada itu, materi ini juga akan keluar dalam ujian nasional. Untuk itu, bagi kalian yang belum paham, bisa langsung baca materi berikut ini.

Pengertian Reaksi Kesetimbangan

Reaksi kesetimbangan adalah reaksi yang hasil reaksinya dapat kembali membentuk zat pereaksi. Reaksi ini sering disebut juga dengan reaksi dua arah atau reaksi bolak - balik (reversible). Pada reaksi kesetimbangan, reaktan dan produk berada dalam keadaan yang setimbang atau tidak mengalami perubahan satu sama lain. Hal ini biasanya terjadi saat reaksi kedepan berlangsung pada laju yang sama dengan reaksi balik.

Faktor - faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan

Konsentrasi

Jika konsentrasi diperbesar, kesetimbangan akan bergeser dari arah zat yang konsentrasinya diperbesar menuju konsentrasi yang lebih kecil. Sebaliknya, jika konsentrasi diperkecil, kesetimbangan akan bergeser ke arah zat yang konsentrasinya diperkecil. dapat disimpulkan bahwa kesetimbangan akan menuju ke arah yang konsentrasinya lebih kecil. Perubahan konsentrasi tidak mengakibatkan perubahan harga K.

Baca juga: Kesetimbangan Kimia ( Pembahasan Soal tetapan kesetimbangangan Kc )

Suhu

Perubahan suhu berpengaruh pada kesetimbangan eksoterm dan endoterm. Kenaikan suhu mengakibatkan kesetimbangan bergeser ke arah endoterm, sebaliknya penurunan suhu akan mengakibatkan kesetimbangan bergeser kearah eksoterm. Perubahan suhu mengakibatkan perubahan pada harga K. Pada reaksi endoterm (ΔH > 0) Peningkatan suhu mengakibatkan harga K semakin besar, sedangkan penurunan suhu mengakibatkan harga K semakin kecil. Pada reaksi eksoterm (ΔH < 0) peningkatan suhu mebakibatkan harga K semakin kecil, sedangkan penurunan suhu mengakibatkan harga K semakin besar.

Tekanan dan Volume

Pengaruh tekanan berkebalikan dengan pengaruh volume. Apabila tekanan diperbesar, maka volume akan mengecil dan kesetimbangan akan bergeser ke arah zat yang jumlah koefisiennya lebih kecil. Sebaliknya, jika tekanan diperkecil maka volume akan membesar dan kesetimbangan akan bergeser ke arah zat yang jumlah koefisiennya lebih besar. Perubahan tekanan dan volume tidak mengakibatkan perubahan harga K.

Katalis

Katalis merupakan zat yang ditambahkan ke dalam larutan untuk mempercepat laju reaksinya. Penambahan katalis tidak akan mempengaruhi kesetimbangan. Hal ini karena katalis hanya mempercepat tercapainya kesetimbangan.

Cari Artikel Lainnya