Home » Kongkow » Sosiologi » Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Faktor Penyebab Perubahan Sosial

- Senin, 26 September 2022 | 09:08 WIB
Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Perubahan Sosial dapat diartikan sebagai perubahan yang signifikan terhadap struktur sosial dalam kurun waktu tertentu. Perubahan sosial adalah segala bentuk perubahan pada elemen kemasyarakatan yang dapat mempengaruhi sistem sosialnya, yakni mencakup nilai, sikap, dan pola perilaku.

Faktor penyebab perubahan sosial akan mempengaruhi cara berinteraksi dan gaya hidup seseorang, misal adanya perubahan zaman menjadi era digitalisasi modern. 

Penyebab Perubahan Sosial

1. Perubahan Jumlah Penduduk
Penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat berkaitan dengan demografi, yaitu masalah kependudukan. Dengan adanya perubahan jumlah penduduk, maka struktur dalam masyarakat dan kehidupan akan berubah. Hal ini akan berdampak pada faktor perilaku sosial, budaya, ekonomi, politik dan keamanan.

2. Sistem Pendidikan yang Maju
Dengan adanya sistem pendidikan yang maju itu tandanya anak-anak akan lebih maju dalam berpikir. Dengan begitu dapat mempengaruhi pola pikir yang lebih obyektif.

Baca Juga:

Pengertian Perubahan Sosial dan Contohnya

3. Penemuan Baru
Semakin berkembangnya zaman, akan ada banyak penemuan baru yang dapat menyebabkan perubahan sosial di masyarakat. Penemuan baru ini misalnya berupa alat, gagasan atau ciptaan canggih. Penemuan baru apabila telah diterima dan diakui masyarakat disebut invention. Namun perubahan sosial yang disebabkan karena adanya penemuan baru ini, akan membutuhkan proses dengan waktu yang lama. Karena masyarakat harus belajar untuk memahami penemuan baru tersebut.

4. Konflik di Masyarakat
Konflik atau pertentangan, baik antarindividu dan antarkelompok dapatmenjadi penyebab perubahan sosial di masyarakat. 

5. Bencana Alam
Bencana alam juga bisa jadi penyebab perubahan sosial di masyarakat. Karena adanya bencana alam yang menimpa daerah tertentu, menyebabkan masyarakat melakukan pola hidup yang berbeda dari sebelumnya. 

6. Pengaruh Kebudayaan Lain
Setiap orang pasti memiliki kebiasaan atau kebudayaan yang berbeda-beda. Sehingga, adanya budaya lain yang diserap bisa menyebabkan akulturasi budaya jika sering melakukan interaksi. Jika sering melakukan interaksi, lama kelamaan pola hidup orang lain atau kebudayaan lain akan mempengaruhi kehidupan masyarakat yang sebelumnya.

7. Perang
Perang juga bisa menjadi faktor penyebab perubahan sosial. Saat perang, biasanya pihak yang menang akan memaksakan pihak yang kalah untuk mengikuti budayanya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya