Home » Kongkow » Biologi » Faktor Edafik yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Faktor Edafik yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

- Rabu, 29 Juni 2022 | 11:00 WIB
Faktor Edafik yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Faktor edafik adalah faktor yang mengacu pada kondisi tanah pada suatu wilayah yang berpengaruh secara langsung terhadap kesuburan tanaman. 

Faktor yang menjadi patokan kesuburan tanah antara lain kandungan humus, unsur hara, tekstur, struktur tanah, dan ketersediaan air dalam pori-pori tanah. Contoh tanah yang subur adalah tanah vulkanis dan andosol. 

Baca juga:

Cara Mengetahui Kesuburan Tanah

Sifat Fisika dan Sifat Kimia Tanah

Bagaimana Upaya Menjaga Agar Tanah Tidak Kehilangan Nutrisi?

Faktor-faktor edafik yang mempengaruhi persebaran jenis flora dan fauna antara lain:

a. Keasaman tanah

Tingkat keasaman atau pH menentukan kesuburan tanah tersebut. Tanah masam akan membuat tumbuhan tidak bisa berkembang. Jika tingkat pH terlalu rendah atau tinggi akan berakibat buruk bagi pertumbuhan tanaman. Tanah terbaik bagi tumbuh-tumbuhan adalah tanah dengan tingkat pH yang netral.

b. Tekstur tanah

Tekstur tanah yang baik bagi tumbuhan adalah yang memiliki komposisi tanah lempung, pasir, dan debu yang seimbang. Jika tanah terlalu kasar akan membuat tumbuhan sulit untuk tumbuh. Sebagai contoh adalah ekosistem gurun. Tanah di gurun terdiri dari pasir yang sangat kering. Tanahnya gersang dan hanya terdapat beberapa jenis flora dan fauna yang dapat bertahan hidup di gurun. 

Pachypodium adalah tanaman khas padang pasir yang berasal dari Benua Afrika. Tanaman ini tumbuh di tempat kering sehingga ia mampu menyimpan air (tanaman sukulen). Batangnya lunak dan tidak memiliki kayu, cadangan makanan disimpan di bonggol yang terletak di pangkal batang. Tanaman ini berfungsi sebagai tanaman hias.

c. Struktur tanah

Struktur tanah adalah komposisi material yang membentuk tanah. Porositas adalah tingkat kemampuan tanah untuk membuat air mengalir diantaranya. Sedangkan permeabilitas adalah besar pori-pori diantara komposisi tanah. Kedua faktor tersebut memainkan peran penting dalam penyediaan air bagi tumbuhan. 

d. Kandungan air tanah

Tumbuhan menggunakan akarnya untuk menyerap air di dalam tanah. Air tanah membantu tanaman menyerap mineral yang diperlukan bagi keberlangsungan hidupnya.

e. Kandungan udara di dalam tanah

Udara di dalam tanah berperan dalam proses respirasi atau bernapas. Respirasi adalah penguraian bahan makanan yang terjadi di stomata untuk menghasilkan energi.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya