Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Fakta Menarik tentang Laut Mediterania

Fakta Menarik tentang Laut Mediterania

- Sabtu, 13 November 2021 | 13:00 WIB
Fakta Menarik tentang Laut Mediterania

Laut Mediterania atau Laut Tengah adalah laut pedalaman di tengah wilayah Mediterania, yang sebagian terhubung ke Samudera Atlantik.Laut ini terkurung daratan yang dimiliki oleh tiga benua – Eropa, Afrika, dan Asia.Ditandai dengan warna biru, Laut Mediterania menjadi subjek daya tarik umat manusia selama berabad-abad, meskipun tetap banyak yang belum mengenalnya secara mendalam.

Misalnya, berapa banyak orang yang tahu Laut Mediterania merupakan rumah bagi banyak spesies ikan paus, termasuk ikan paus sirip, yang menjadi paus terbesar kedua sekaligus paus tercepat di dunia.

Fakta Menarik tentang Laut Mediterania

Laut Mediterania terbentuk bersama dengan daerah Mediterania, yang muncul sebagai akibat dari aktivitas tektonik ketika lempeng Afrika dan Eurasia saling bertabrakan.Laut ini menjadi saksi kemunculan beberapa peradaban tertua di dunia, dengan peradaban Aegean menjadi salah satu contohnya.Sepanjang sejarah, Laut Mediterania menjadi rute perjalanan penting ke Atlantik.

1. Etimologi

Nama laut berasal dari kata Latin ‘Mediterraneus’, yang berarti ‘pedalaman’ atau ‘di tengah-tengah bumi’.Kata Mediterraneus dapat dipecah menjadi dua kata ‘medius’, yang berarti ‘tengah’ dan ‘terra’, yang berarti ‘bumi’.Laut dinamakan demikian oleh orang Romawi yang berpikir letaknya berada di tengah-tengah bumi.

2. Ukuran

Laut Mediterania memiliki luas 2,5 juta km persegi dan memiliki kedalaman rata-rata 1.500 meter.Titik terdalam Laut Mediterania adalah Calypso Deep di Laut Ionia, dengan kedalaman 5.267 meter.

3. Karakteristik Geografis

Sebagian besar Laut Mediterania dikelilingi daratan, kecuali celah selebar sekitar 15 km yang disebut sebagai Selat Gibraltar, yang menghubungkannya dengan Samudera Atlantik.Di bagian timur, Laut Mediterania terhubung dengan Laut Marmara dan Laut Hitam, dan terhubung ke Laut Merah oleh Terusan Suez di tenggara.

4. Kepulauan

Laut Mediterania memiliki beberapa pulau besar, seperti Siprus dan Rhodes di Mediterania timur, Sisilia dan Malta di Mediterania tengah, serta Ibiza dan Majorca di Mediterania barat.

5. Garis Pantai

Laut Mediterania memiliki garis pantai yang terbentang sepanjang 46.000 km, melalui beberapa negara di Eropa, Afrika, dan Asia.Beberapa negara besar di sepanjang pantai Laut Mediterania diantaranya Perancis, Spanyol, Kroasia, Italia, Mesir, Yunani, Turki, Israel, Aljazair, Maroko, dan Siprus.Laut Mediterania juga memiliki beberapa pantai paling indah di Eropa, seperti Pantai Capriccioli (Costa Smeralda), Cala d’Hort (Ibiza), dan pantai Navagio (Zakynthos).

6. Pembagian Wilayah

Badan air dibagi menjadi dua subregional oleh Selat Sisilia, punggung bawah laut dangkal yang terletak antara Sisilia dan Tunisia.Subregional ini meliputi Mediterania Barat, mencakup area seluas 800 ribu km persegi, dan Mediterania Timur, yang mencakup area seluas 1,6 juta km persegi.Setiap subregional dibagi lagi menjadi beberapa daerah yang lebih kecil.

7. Fitur Lainnya

Menjadi laut yang terkurung daratan, Laut Mediterania memiliki fitur unik.Anda akan jarang melihat karakteristik laut normal di laut ini. Pasang surut di Laut Mediterania, misalnya, tidak sekuat di laut terbuka.

Iklim di daerah Mediterania juga dipengaruhi iklim daratan yang mengurungnya.Iklim di wilayah Mediterania dikenal sebagai iklim Mediterania, yang merupakan subtipe dari iklim subtropis; sebagian besar basah disertai dengan musim dingin dan musim panas.

8. Keanekaragaman Hayati

Laut Mediterania dikenal karena ekosistem yang unik dan tingkat tinggi endemisme.Laut ini memiliki lebih banyak spesies endemik dari tetangganya, Samudera Atlantik.Menurut perkiraan, sekitar 20-30 persen dari spesies yang ditemukan di Laut Mediterania adalah endemik atau tidak ditemukan di tempat lain.Monk seal, spesies yang terancam punah dikenal endemik di Laut Mediterania.

Laut Mediterania juga merupakan rumah bagi paus sirip, paus sperma, lumba-lumba, lumba-lumba berparuh pendek, tuna, kuda laut, dan lain-lain.Selain itu, cekungan (basin) Laut Mediterania juga bertindak sebagai situs biak bagi berbagai spesies seperti penyu tempayan dan penyu hijau, dan lokasi persinggahan bagi burung migran yang melewati daerah ini.

9. Polusi dan Pencemaran

Laut yang dikelilingi daratan membawa keunikan sekaligus kesengsaraannya sendiri.Dengan jalan keluar yang sempit, apa pun yang dibuang ke badan air (mis: polutan) akan tetap tinggal dalam waktu lama.Menurut United Nations Environment Programme (UNEP), 80 persen sumber pencemaran Laut Mediterania berasal dari daratan yang mengelilinya.Di samping kegiatan di daratan, laut juga terancam oleh penangkapan ikan berlebihan dan transportasi laut.

Cari Artikel Lainnya