Home » Kongkow » kongkow » Daftar Lengkap Nama, Gambar dan Asal Pakaian Adat di Indonesia

Daftar Lengkap Nama, Gambar dan Asal Pakaian Adat di Indonesia

- Senin, 14 September 2020 | 11:00 WIB
Daftar Lengkap Nama, Gambar dan Asal Pakaian Adat di Indonesia

Hai otakers,

Seperti semboyan kita "Salam Dari Sabang Sampai Merauke" seperti itu juga betapa bangga kita mengakui keluasan nusantara ini. Indonesia memang sudah terkenal dengan keanekaragaman budaya yang mengakar dari tiap daerah-daerahnya. Namun hal ini tidak serta merta menjadikan semua warganya paham untuk melestarikan itu terutama generasi millenial yang banyak terpengaruh budaya modernisasi. Akan sangat bersyukur jika mereka mampu memadu madankan kreasi modern dan tradisional, tapi tidak sampai mengurangi khas dari budaya itu sendiri.

Untuk itu kita perlu mengenal betul apa saja aset budaya daerah kita baik dalam hal, pakaian, tarian, senjata, bahasa dan suku sebagai bentuk pelestarian agar tidak termakan zaman. Salah satu dari sekian banyak hasil budaya yang mengakar pada bangsa indonesia ini adalah rumah adat dan pakaian adat. Kali ini kita akan membahas pakaian adat dari tiap daerah beserta gambar.

1. Pakaian Adat Tradisional dari Nangro Aceh Darussalam (Aceh) : Ulee Balang

Pakaian adat dari aceh ini biasanya di sebut dengan pakaian ulee balang, pakaian ini hanya di pakai para raja beserta keluarganya.

2. Pakaian Adat Tradisional dari Sumatera Utara :Ulos

3. Pakaian Adat Tradisional dari Sumatera Barat : Bundo Kanduang

Pakaian adat dari Sumatra Barat ini biasanya di bagi dua macam, yaitu Pakaian adat dan pakaian penghulu, pakaian adat bundo kanduang biasanya terdapat di minangkabau Sumatra Barat.

4. Pakaian Adat Tradisional dari Jambi : Melayu Jambi

5. Pakaian Adat Tradisional dari Sumatera Selatan / Palembang : Aesan Gede

Pakaian adat dari Sumatra Utara biasanya di sebut dengan aesan gede. Baju adat ini dulunya terinspirasi oleh kerajaan Sriwijaya Yang mana kerajaan Sriwijaya pada masa itu adalah kerajaan yang berjaya di daerah Sumatra Selatan.

6. Pakaian Adat Tradisional dari Lampung : Tulang Bawang

Pakaian adat Tulang Bawang menggunakan kain tapis di hiasi oleh logam kuningan yang mempercantik dan terkesan sangat glamor, yang di maksud kain tapis di sini adalah sebuah kain yang di tenun dengan proses yang masih manual  dengan memakai tinta emas yang di cetak dengan tangan terampil sehingga terbentuklah kain tapis yang sangat cantik dan pakaian tersebut jika di pakai oleh pengantin terlihat akan sangat berkharisma.

7. Pakaian Adat Tradisional dari Bengkulu : Bengkulu

Pakaian adat yang di pakai untuk kaum perempuan biasanya memakai baju kurung yang mempunya lengan panjang, di taburi pola-pola, di sulam emas yang berbentuk lempengan bulat yang mana mirip uang logam. Tetapi kalau pakaian adat yang di pakai kaum pria biasanya memakai jas, celana panjang, alas kaki, dan sarung dan alas kaki tersebut juga lengkap beserta penutup kepala dan keris.

8.  Pakaian Adat Tradisional dari Bangka Belitung :  Paksian

Kalau untuk kaum perempuan kebanyakan memakai baju kurung yang berwarna merah yang mana bahannya dari kain sutra dan juga di kepalanya biasanya memakai mahkota yang mana di sebut dengan paksian. Kalau untuk kaum laki-laki biasanya memakai sorban  atau yang lebih di kenal dengan nama Sungkon.

9. Pakaian Adat Tradisional dari Riau : Indragiri

Pakaian adat dari Riau biasanya di sebut pakaian Melayu. Di daerah Riau sendiri ada 3 jenis yaitu Indragiri, Siak, dan Bengkalis Riau.

10. Pakaian Adat Tradisional dari Kepulauan Riau : Belanga

Dalam masyarakat melayu khususnya kaum laki-laki pakaian adat yang di pakai biasanya berupa pakaian atasan yang mana di sebut teluk belanga. Pakaian belangga terdiri dari kain samping, celana, dan songkok khas masyarakat kepulauan Riau. Sedangkan untuk pakaian bagi kaum wanita biasanya berwujud pakaian kurung dan selendang. Cara memakai selendang tersebut ialah dengan disampirkan di pundak.

11. Pakaian Adat Tradisional dari DKI Jakarta : Betawi

Pakaian adat Betawi sangat dipengaruhi oleh unsur keragaman berbagai warga Jakarta yang bemacam-macam budaya misalnya, Arab, Budaya Barat, dan budaya Melayu.

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya