Home » Kongkow » Kesehatan » Cara Mudah Hindari Flu di Musim Hujan

Cara Mudah Hindari Flu di Musim Hujan

- Rabu, 18 Desember 2019 | 13:08 WIB
Cara Mudah Hindari Flu di Musim Hujan

Meski penularan flu memang lebih mudah terjadi pada musim hujan, tapi kita juga bisa terkena flu di musim kemarau karena virus penyebab penyakit ini mampu bertahan di udara yang kering dan hangat. Jika tidak ingin mengalami flu, khususnya selama musim hujan, sebaiknya melakukan beberapa cara  berikut ini, :

1. Rajin mencuci tangan

Membiasakan cuci tangan sebelum makan dan setelah menyentuh benda kotor terbukti efektif dalam mencegah flu. Disarankan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Gosok-gosok seluruh bagian tangan, termasuk ujung jari, kuku, dan pergelangan tangan, selama 20 detik atau lebih. Jika tidak ada sabun dan air, bisa menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol lebih dari 60 persen.

2. Tidak menyentuh wajah dengan tangan kotor

Virus flu dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut, biasanya melalui tangan yang kotor. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan.

3. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain aerobik, jogging, atau yoga. Lakukanlah olahraga secara rutin setiap hari, selama 20-30 menit per hari.

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah lebih banyak sayuran dan buah. Pilih sayur dan buah yang berwarna hijau gelap, kuning, dan merah. Perbanyaklah juga konsumsi protein, seperti telur, daging, atau ikan, untuk memperkuat daya tahan tubuh.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa meningkatkan hormon stres dan melemahkan daya tahan tubuh sehingga rentan terserang virus. Jadi, cukupilah waktu tidur setiap malam, sekitar 7-9 jam, agar daya tahan tubuhmu kuat.

6. Berhenti merokok

Asap rokok dapat membuat saluran pernapasan menjadi kering dan meradang. Akibatnya, virus, kuman, dan debu di saluran napas akan lebih sulit dikeluarkan. Perokok berat lebih mudah dan lebih sering terkena flu, biasanya juga dengan gejala yang lebih berat, dibandingkan orang yang tidak merokok. Bukan hanya orang yang merokok, perokok pasif juga dapat lebih rentan terkena flu akibat iritasi di saluran pernapasan.

7. Menerima vaksin flu

Vaksin flu adalah salah satu langkah pencegahan yang penting dilakukan agar tidak mudah terserang flu. Vaksin flu dapat mencegah terjadinya flu dengan gejala yang berat dan flu berulang.

8. Memakai masker

Virus flu menyebar ke udara melalui percikan dahak atau ludah saat penderita bersin atau batuk. Oleh karena itu, gunakanlah masker penutup hidung dan mulut untuk mencegah virus flu di udara terhirup. Bagi yang sedang flu, dianjurkan untuk selalu mengenakan masker saat berada di tempat umum atau ketika berinteraksi dengan orang lain. Hal ini bertujuan agar flu tidak menular ke orang lain.

Cari Artikel Lainnya