Home » Kongkow » Tematik » Cara Merawat Tanaman Tema 2 Kelas 3 SD

Cara Merawat Tanaman Tema 2 Kelas 3 SD

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Cara Merawat Tanaman Tema 2 Kelas 3 SD

Layaknya makhluk hidup, tanaman memang harus dirawat dengan baik agar bisa tumbuh dan berkembang. Jika tidak ada perawatan, tumbuhan bisa tidak berkembang dengan baik, sering layu, atau bahkan mati. 

Berikut ini beberapa cara merawat tanaman agar tumbuh subur dan tidak mudah layu

1. Memilih Media Tanam yang Tepat

Cara merawat tanaman yang benar adalah menyesuaikan media tanam dengan tumbuhan misalnya tanaman hias daun atau lainnya. 

Media tanam tidak hanya tanah, tetapi ada campuran lain seperti sekam padi, humus, sabut kelapa, serbuk kayu, dan lainnya. Ada juga tanaman yang bisa tumbuh subur dengan media tanam air, menggunakan hidroponik dan aquaponik. 

2. Memilih Tempat untuk Menaruh Tanaman 

Bagaimana cara merawat tanaman dalam pot, bisa jadi berbeda dengan cara merawat tanaman di polybag.

Begitu juga kalau kamu memilih menaruh tanaman di tanah, cara perawatan bisa berbeda lantaran media tanam juga berlainan, jumlah air yang diberikan tidak sama.

Sejak awal, kamu harus memutuskan menaruh tanaman di pot, rak tanaman, polybag, merambat di dinding, atau tanah. 

3. Menyiram Tanaman dengan Cara yang Tepat 

Lakukan penyiraman tanaman secara rutin, setiap pagi atau sore hari agar pasokan air terpenuhi. 

Berikan suplai air secara merata ke tanaman, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit dalam memberikan air. Pemberian air yang terlalu banyak bisa membuat genangan air di sekitar tanaman dan bisa menutup jalur oksigen. 

4. Menempatkan Tanaman di Posisi yang Mendapatkan Sinar Matahari 

Upayakan untuk menempatkan tanaman pada area yang memperoleh sinar matahari termasuk tanaman indoor, hal ini menjadi salah satu cara merawat tanaman yang layu.

Tumbuhan termasuk juga  tanaman indoor memerlukan sinar matahari langsung untuk proses fotosintesis. 

Namun, kebutuhan tanaman terhadap sinar matahari memang berbeda-beda, ada yang tahan sinar terik matahari, ada yang memerlukan sinar matahari beberapa jam saja. 

5. Mengantisipasi Hama Tanaman 

Tidak hanya manusia, tanaman juga bisa terserang penyakit berupa hama tanaman yang bisa mematikan. Sejumlah hama tanaman misal hewan serangga juga bisa mengganggu tumbuh kembang tanaman seperti belalang atau ulat bulu.

Jangan lupa untuk menyiangi tanaman liar dan rumput liar agar tanaman terhindar dari hama dan penyakit. 

6. Memangkas Tanaman yang Mati 

Tanaman juga perlu dipangkas jika daun atau bunga tanaman sudah tua. Memangkas akan memicu pertumbuhan tunas baru pada batangnya.

Saat ada bagian tanaman yang kering atau mati lantaran hama, segera cabut atau potong bagian tersebut dengan segera. Hal ini menjadi cara merawat tanaman yang benar dan bertujuan agar hama tidak menyebar ke tanaman yang lain. 

Lakukan pemangkasan rutin dengan menggunakan gunting tanaman saat ada tanaman yang terlihat layu dan kering. 

7. Membersihkan Daun Tanaman

Salah satu cara merawat tanaman hias adalah membersihkan daun tanaman dengan lap bersih secara rutin. 

Apalagi kalau tanaman hias indoor ini ditempatkan di dalam rumah, kamu harus rutin membersihkan daun. Kotoran seperti debu dan lainnya pasti menempel pada daun sehingga membuatnya tidak terlihat bersih. 

8. Memantau Kelembapan 

Tanaman seperti bunga, tanaman hias, sayur, atau buah-buahan memerlukan tingkat kelembapan yang sesuai. 

Lakukan pengukuran suhu dan kelembapan sesuai dengan jenis tanaman yang dimiliki di taman. Sejumlah tanaman memerlukan cuaca dan lokasi yang sesuai, tingkat kelembapan tentunya terkait. 

9. Menggunakan Pupuk Alami 

Salah satu cara merawat tanaman hias agar cepat berbunga adalah memberikan pupuk yang alami.

Upayakan untuk memberikan nutrisi terbaik untuk tanaman dengan menyediakan pupuk alami, pupuk kandang, atau pupuk organik. Pupuk yang berasal dari kotoran hewan, pupuk kompos dari sisa makanan, dan apapun yang alami seperti sampah makanan. 

10. Mengganti Pot Secara Rutin 

Mengganti pot dapat dilakukan ketika tanaman sudah tumbuh semakin tinggi dan besar. Penggantian pot ini penting karena jika tanaman sudah semakin tinggi dan besar, dan pot tidak muat. Hal tersebut tentu akan mengurangi penyerapan nutrisi tanaman dari tanah, dan nantinya tanaman akan layu.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya