Home » Kongkow » Tutorial » 3 Cara Stek Tanaman Yang Mudah Dilakukan. Bisa Pakai Batang, Daun, Hingga Akar!

3 Cara Stek Tanaman Yang Mudah Dilakukan. Bisa Pakai Batang, Daun, Hingga Akar!

- Senin, 26 Oktober 2020 | 10:00 WIB
3 Cara Stek Tanaman Yang Mudah Dilakukan. Bisa Pakai Batang, Daun, Hingga Akar!

Ingin mengembangbiakkan tanaman di rumah tanpa benih atau biji? Salah satu cara yang bisa dicoba yaitu dengan metode vegetatif berupa teknik stek. Metode ini cukup mudah untuk dilakukan pemula, lo. Berikut beberapa cara stek tanaman yang bisa kamu coba!

Metode pengembangbiakan vegetatif memungkinkanmu mendapat tanaman baru tanpa perkawinan. Artinya, kamu tidak perlu menanam benih ataupun biji. Bahan yang diperlukan hanya bagian tubuh tanaman yang memiliki sifat totipotensi, yakni mampu memperbanyak diri dan berkembang menjadi tanaman utuh. Ini meliputi bagian batang, daun, hingga akar. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai cara stek tanaman yang bisa kamu lakukan!

Cara Stek Tanaman dengan Batang

cara stek batang tanaman

Sumber: youtube.com/Ricardo Telenotícias

Pertama, ada metode stek batang yang dilakukan dengan menggunakan potongan batang yang mimiliki ruas-ruas atau mata. Jika dilihat sekilas, metode ini mirip dengan cara mencangkok tanaman. Akan tetapi, pada stek batang kamu harus memotong batang yang sudah tua, bukan melukai batangnya. Ada empat jenis stek batang yang bisa kamu lakukan, yakni:

  • Stek batang kayu keras/hardwood, dengan menggunakan cabang yang ada dalam kondisi dorman.
  • Stek batang kayu setengah keras/semi-hardwood, digunakan untuk tanaman berdaun lebar seperti tanaman hias dan buah.
  • Stek batang berkayu lunak/softwood, dilakukan untuk tanaman dengan kandungan air yang tinggi seperti sukulen.
  • Stek tanaman herba/herbaceous, dilakukan pada tanaman dengan kandungan air tinggi dan lunak seperti bunga krisan.

1. Tahap Pemotongan dalam Cara Stek Batang Tanaman

Untuk melakukan stek batang kamu harus mengambil bagian batang yang sudah cukup tua. Lakukan pemotongan di pagi hari, agar saat persemaian tanaman langsung mendapat sinar matahari. Kemudian ikuti langkah berikut:

  • Pilih batang dengan diameter satu sentimeter dan berdaun hijau tua;
  • Pastikan batang memiliki 3-4 mata tunas dan potong sekitar 10-15 sentimeter;
  • Jarak potong harus 0,5 sentimeter di atas mata tunas paling bawah dan 1 sentimete dari mata tunas paling atas; lalu
  • Pastikan memotongnya dengan bentuk runcing agar mudah ditancapkan.

2. Tahap Persemaian pada Metode Stek Batang

Setelah dipotong, rendam 2 sentimeter ujung bawah batang dalam hormon auksin selama 5 detik. Setelah itu, siapkan ember atau per besar berisi tanah gembur dan pasir. Tancapkan batang ke media semai dengan posisi tegak dan siram secara teratur. Jika akar tanaman sudah tumbuh dengan baik, kamu bisa memindahkannya ke lokasi akhir.

Cara Stek Tanaman dengan Daun

pembiakan vegetatif dengan daun

Sumber: ingrijireaflorilor.ro

1. Cara Stek Menggunakan Daun Tanaman

Beberapa tanaman cenderung lebih cocok dikembangbiakkan dengan metode stek daun. Misalnya saja cocor bebek, kaktus, atau lidah buaya yang bagian daunnya besar dan kuat.

Bahan yang dibutuhkan adalah daun yang sudah tua tapi masih berwarna hijau segar. Kamu bisa memotong hanya daunnya saja atau bersama dengan tangkai di bawahnya agar akar baru lebih mudah tumbuh. Setelah dipotong, bagian bawah daun perlu direndam terlebih dahulu dalam larutan auksin dengan rasio 100-200 cc per liter air.

2. Tahap Persemaian pada Metode Stek Daun

Siapkan pot dengan lubang di dasarnya dan berisi campuran tanah serta pupuk kandang. Pastikan untuk mengisi hanya 3/4 wadah dan gunakan satu tempat hanya untuk satu daun.

Tancapkan potongan daun ke dalam wadah, lalu tutup dengan plastik berlubang Simpan wadah di tempat teduh dan siram dengan teratur hingga akar tumbuh. Biasanya, tahap ini akan memakan waktu 3 minggu tapi kamu perlu menunggu hingga 3-5 bulan untuk memindahkannya ke lokasi tanam akhir.

Cara Stek Tanaman dengan Akar

cara stek akar tanaman

Sumber: gardenersworld.com

1. Tahap Pemotongan dalam Cara Stek Akar Tanaman

Terakhir, ada metode stek akar untuk jenis tanaman dengan akar menjalar seperti stroberi dan daun mint. Jika kamu tertarik menanam stroberi di rumah, sebaiknya gunakan cara ini daripada memulainya dari benih. Pembiakan dilakukan dengan mengambil akar yang merambat jauh dari tanaman induk.

Kamu hanya perlu memotong akar berdiameter satu sentimeter dengan panjang 5-10 sentimeter. Perlu diingat, akar yang kamu potong harus berada dalam kondisi baik. Artinya, jangan sampai cabang kecil pada akar rusak selama pemotongan maupun pemindahan.

2. Tahap Penyemaian pada Metode Stek Akar

Setelah memotong sulur akar tanaman, siapkan media semai berupa campuran tanah dan pupuk organik. Isi pot dengan media semai dan buat lubang sesuai dengan ukuran akar. Masukkan akar ke dalam lubang lalu timbun kembali dengan tanah.

Lakukan tahap ini dengan hati-hati agar akar tidak rusak. Kemudian, siram pot dengan air dan pupuk organik secara rutin dan tunggu hingga akar mengeluarkan tunas baru. Tunas baru ini bisa berupa bintil dan nantinya akan berubah menjadi kalus.

***

Semoga informasinya bermanfaat, 

Video Terkait

Cari Artikel Lainnya