Home » Kongkow » Hai Otakers » Cara Kerja Vaksin dan Apa Itu Herd Immunity

Cara Kerja Vaksin dan Apa Itu Herd Immunity

- Kamis, 15 Juli 2021 | 16:39 WIB

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) vaksinasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit. Kok bisa? Sebab membantu sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dan melawan patogen seperti virus atau bakteri, yang kemudian membuat tubuh aman dari penyakit yang disebabkannya.

Peran vaksin dalam kehidupan manusia tak main-main. Vaksin bisa melindungi kita terhadap lebih dari 25 penyakit yang melemahkan atau mengancam jiwa. Mulai dari campak, polio, tetanus, difteri, meningitis, influenza, tetanus, tifus, dan kanker serviks. Sebenarnya,cara vaksin COVID-19 tak berbeda jauh pada vaksin pada umumnya. Vaksin sendiri merupakan suatu bahan atau produk yang digunakan untuk menghasilkan sistem imun dari berbagai penyakit.

Cara Kerja Vaksin

1. Setelah disuntikkan, vaksin membawa kode genetik protein spike ke sel tubuh dan tubuh Anda mulai memproduksi protein spike sendiri.

2. Sel kekebalan tubuh dalam darah mengenali protein spike tersebut sebagai ‘si penyusup’, lalu memulai reaksi sistem kekebalan tubuh

3. Tubuh Anda mulai membuat antibodi yang akan menempel pada protein spike, serta membuat sel kekebalan tubuh (sel T) yang dapat menargetkan dan menghancurkan sel yang memperlihatkan protein spike.

4. Sel kekebalan tubuh akan berkomunikasi sehingga akan diproduksi sel kekebalan tubuh yang lebih banyak, untuk membantu mengalahkan ‘si penyusup’.

5. Kemudian, sistem kekebalan tubuh Anda akan memproduksi sel memori. Jika mereka melihat virus Corona di masa mendatang, antibodi dan sel T akan diproduksi secara cepat untuk menghentikan virus Corona menyebar ke seluruh tubuh dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh penyakit COVID-19.

Simak terus video kita ya. Kira-kira kalian ingin kita buat video apalagi ya? komen yuk

Dannnn.... Jangan lupa dukung kita dengan cara subscribe channel kita, like, komen, dan share video kita.

Salam dari sabang sampai merauke

Cari Artikel Lainnya