Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Bukan Makanan, Ini 5 Godaan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Bukan Makanan, Ini 5 Godaan yang Harus Dihindari Saat Puasa

- Selasa, 05 April 2022 | 12:00 WIB
Bukan Makanan, Ini 5 Godaan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kebaikan dan memberikan kemudahan untuk orang lain.

Dari tahun ke tahun puasa memiliki nilai yang lebih tinggi lagi. Tidak sekedar menahan hawa nafsu seperti tidak makan dan tidak minum selama lebih dari 12 jam.

Tapi ada banyak godaan yang sebenarnya harus kita coba taklukkan. Bahkan jika kita berhasil, balasannya tentu saja pahala dan keberkahan untuk kita.

Baca juga: Tahukah Kamu, Puasa dapat Menyehatkan Mentalmu Lho

Tapi apa saja sih sebenarnya godaan yang tanpa kita sadari mengganggu keistiqomahan puasa kita?

1. Menjaga pandangan dari yang membatalkan puasa dan segala yang mengurangi pahala puasa

Bukan Makanan, Ini 5 Godaan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Ada banyak yang membuat kita lupa bahwa yang kita lakukan pun ternyata bisa membatalkan pahala puasa. Salah satunya melihat konten yang tidak baik. Sosial media seolah tidak memiliki batasan sehingga apapun kontennya, tanpa kita sadari nafsu kita pun ikut bermain di dalamnya.

Dalam hal ini, jika kamu mulai sadar, segera tutup dan alihkan perhatianmu ke hal yang lain yang lebih berguna.

2. Meski ada banyak yang merusak mood-mu, jangan biarkan mereka mengganggu ibadahmu

Saat puasa, ada saja godaan yang muncul dari sekitarmu. Entah saat kamu menghadapi kemacetan di jalan, kamu terlambat dan akhirnya dimarahi dosen atau atasanmu.

Tugas yang tidak kunjung usai bahkan komplain dari klien bisa merusak moodmu saat itu juga. Mungkin jika kamu bisa kamu ingin marah dan melampiaskan kekesalanmu kepada apapun yang ada di sekitarmu.

Tapi jangan dulu. Ingatlah jika saat ini kamu sedang diuji untuk bisa bersabar lebih banyak lagi.

3. Ajakan untuk bergunjing atau sekadar memancing untuk bergosip, segera hindari

Bukan Makanan, Ini 5 Godaan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Saat berkumpul dengan teman-teman, bahasan yang paling menyenangkan tidak lain tidak bukan adalah membahas orang lain. Entah itu kebaikan atau keburukannya, tapi membahas tentang hidup orang lain bisa menjadi jalan kita untuk terus bergunjing dan menimbulkan banyak keburukan.

Jika kamu berada di kondisi ini, segera sadarkan dirimu. Jika kamu tidak bisa menyadarkan orang lain, maka segera mundur dan beralihlah untuk mengerjakan pekerjaan lain yang bisa membantumu untuk tidak membicarakan orang lain.

4. Mulai sadari perasaan negatif yang seringkali muncul, lawan jika bisa katakan bahwa "Aku tidak tergoda denganmu"

Manusia memang tempat salah dan kurang, berbagai perasaan negatif seringkali muncul di saat kondisi tubuh sedang tidak baik. Akan ada saja yang mengganggu pikiran, terlebih saat sedang berpuasa. Misalnya saja iri, dengki, sombong, dan berbagai perasaan negatif lainnya.

Tapi jangan mudah terpancing untuk mengutarakan perasaan tersebut. Perasaan negatif ini lambat laun akan merusak setiap perasaan baik yang ada di dalam diri manusia. Dan itu akan mengganggu jalannya ibadahmu di bulan puasa ini.

5. Puasa tidak sekedar menahan, tapi melakukan lebih dari biasanya. Gunakan banyak waktumu untuk beribadah

Bukan Makanan, Ini 5 Godaan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Jika kamu belum mampu untuk menahan banyak godaan. Ada baiknya menggunakan waktu luangmu untuk beribadah. Banyak yang belum mampu karena masih sibuk, tapi cobalah sekali saja.

Saat kamu ingin meluapkan segala keinginan dari perasaan negatif itu, kamu berdoa agar tidak mudah terpancing. Berkumpullah dengan mereka yang membawa pengaruh baik untuk dirimu.

Cari Artikel Lainnya