Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah

Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:36 WIB
Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah

Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah otot bisep dan otot jantung.

Pembahasan

Otot adalah jaringan pada tubuh manusia yang dapat berkontraksi (mengerut) dan relaksasi (mengendur). Pada saat berkontraksi, otot akan jadi lebih pendek. Sebaliknya, saat relaksasi, otot akan memanjang.

Rangka tubuh manusia dapat bergerak karena adanya kontraksi dan relaksasi dari otot rangka. Berdasarkan cara kerjanya, jenis otot dapat dikelompokkan menjadi otot sadar dan otot tidak sadar. 

Otot yang bekerja di bawah kesadaran adalah otot yang kerjanya dikendalikan secara sadar, artinya dapat dikendalikan apakah harus atau tidak menggerakkan otot-otot tersebut. Contoh otot yang bekerja secara sadar adalah otot lurik/otot rangka, dan otot yang berperan dalam pergerakan bisep dan trisep.

Sedangkan otot yang bekerja di luar kesadaran adalah otot yang tidak dapat tidak dapat dikendalikan secara sadar. Otot-otot tersebut bekerja sepanjang hari, sepanjang hidup di luar kesadaran. Sedangkan contoh otot yang bekerja secara tidak sadar adalah otot polos dan otot jantung.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya