Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Berikut ini, bagian-bagian akar yang dilalui oleh air tanah secara berturut-turut adalah

Berikut ini, bagian-bagian akar yang dilalui oleh air tanah secara berturut-turut adalah

- Senin, 05 September 2022 | 17:48 WIB
Berikut ini, bagian-bagian akar yang dilalui oleh air tanah secara berturut-turut adalah

Berikut ini, bagian-bagian akar yang dilalui oleh air tanah secara berturut-turut adalah Epidermis rambut akar - parenkim - endodermis - xilem akar.

Pembahasan

Air dan mineral tanah memasuki tumbuhan melalui bagian akar terlebih dahulu. Bagian-bagian akar yang dilalui oleh air tanah secara berturut-turut adalah Epidermis rambut akar - parenkim - endodermis - xilem akar.

- Epidermis rambut akar adalah jaringan terluar dari akar yang memiliki fungsi untuk memperluas bidang penyerapan air dan mineral.
- Parenkim adalah jaringan dengan dinding sel tipis yang tersusun renggang antara epidermis dan endodermis. Parenkim berfungsi sebagai tempat penyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan.
- Endodermis adalah lapisan yang tersusun atas satu sel dan mengandung pita kaspari. Endodermis berfungsi untuk mengatur jalannya mineral yang diserap oleh akar menuju silinder pusat.
- Xilem akar merupakan salah satu jaringan pengangkut yang tersusun di dalam silinder pusat atau stele fungsinya untuk mengangkut air dan zat-zat terlarut di dalamnya dari akar.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya