Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Belanda melancarkan Agresi Militer I pada tahun 1947 yang bertujuan

Belanda melancarkan Agresi Militer I pada tahun 1947 yang bertujuan

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:31 WIB
Belanda melancarkan Agresi Militer I pada tahun 1947 yang bertujuan

Belanda melancarkan Agresi Militer I pada tahun 1947 yang bertujuan Menguasai wilayah strategis dan ekonomi.

Pembahasan

Agresi MIliter Belanda 1 menjadi peristiwa penting dalam sejarah pasca kemerdekaan Indonesia. Agresi Militer Belanda I terjadi mulai 21 Juli 1947 hingga 5 Agustus 1947.

Tujuan Belanda melakukan Agresi Militer Belanda I di Indonesia karena ingin merebut kembali daerah-daerah bekas jajahannya dahulu yang dinilai strategis dan ekonomi karena memiliki sumber daya alam melimpah. Agresi Militer Belanda I merupakan bukti pelanggaran Belanda terhadap isi Perundingan Linggarjati.

Dampak dari adanya Agresi Militer I, Belanda berhasil menguasai sebagian besar Indonesia, termasuk pulau terluar, pantai utara Jawa dan seluruh kota besar di Jawa, kecuali Yogyakarta.

Ini mengakibatkan pasukan Indonesia terdesak dan harus melakukan perlawanan gerilya dari hutan-hutan. Ibukota negara juga harus dipindahkan ke Yogyakarta. Di wilayah yang didudukinya, Belanda membentuk negara boneka, seperti Negara Pasunda, Negara Madura dan Negara Indonesia Timur.

Namun Agresi Militer Belanda 1 juga memberikan dampak positif terhadap diplomasi Indonesia. Indonesia mendapat simpati dari pihak Internasional sehingga pada akhirnya banyak Negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia, sehingga akan mempermudah Indonesia untuk melakukan diplomasi dikancah internasional.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya