Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Mie Instan

Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Mie Instan

- Selasa, 01 Maret 2022 | 16:00 WIB
Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Mie Instan

Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kita. Yang tidak dapat kita kontrol mungkin hanya genetik dan umur. Namun, kita dapat membuat perubahan pada gaya hidup.

Gaya hidup sangat penting karena bagaimana kita hidup menentukan pilihan dan pilihan ini memutuskan seberapa sehat kita. Kebiasaan merupakan bagian penting dari gaya hidup.

Banyak dari kita melakukan kebiasaan yang pada dasarnya tidak sehat setelah makan. Melakukan hal-hal tertentu atau mengonsumsi sesuatu setelah makan akan menyebabkan reaksi tubuh kita yang dapat mengganggu proses pencernaan dan metabolisme.

Baca juga: 5 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Tidak Banyak Yang Tahu!

Mengonsumsi mie instan tidak disarankan untuk dilakukan setelah kita minum kopi. Memang apa alasannya?Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

• Berbagai bahan yang terkandung pada mie dan kopi dapat menyebabkan sakit perut yang luar biasa atau tidak tertahankan dan parahnya lagi dapat menyebabkan diare. Ketika hal ini terjadi kita bisa segera makanan untuk penderita diare ataupun dengan mengonsumsi obat tradisional maag disertai diare.

• Tingginya kandungan kafein pada kopi akan meningkatkan intensitas kita untuk buang air besar bahkan dapat mempengaruhi sistem pencernaan khususnya pada usus. Tentu saja sakit perut ini juga disebabkan berbagai kandungan yang ada pada mie instan, di mana mie instan sendiri merupakan salah satu karbohidrat yang sulit untuk dicerna dan akan menyebabkan saluran pencernaan kurang dapat menoleransinya dengan baik. Selain itu, adanya kandungan tepung gandum pada mie instan juga dapat menyebabkan diare sewaktu-waktu, seperti halnya yang kita ketahui pada makanan penyebab diare.

• Selain itu, mengonsumsi kopi dalam intensitas yang sering juga akan meningkatkan kadar asam lambung sehingga akan menimbulkan rasa mulas dan rasa tidak nyaman sepanjang hari. Efek minum kopi saat perut kosong juga merupakan faktor penyebab kita mengalami sakit perut sepanjang hari. Untuk menghindari hal ini terjadi, kita bisa mengonsumsi makanan seperti makanan penyebab perut begah sehingga kita tidak perlu lagi khawatir jika saluran pencernaan akan terganggu seperti sebelumnya.

• Satu hal lagi yang perlu kita ketahui kenapa tidak disarankan untuk mengonsumsi mie instan setelah minum kopi adalah karena adanya kandungan ragi pada mie instan di mana hal ini akan memicu timbulnya rasa sakit pada perut. Seperti yang kita tahu, penderita penyakit maag disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam yang tinggi karena hal ini akan melukai usus seperti layaknya yang terjadi ketika kita mengonsumsi makanan penyebab radang usus.

Meskipun mie instan dan kopi dapat menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan, bukan berarti kita tidak bisa menikmati makanan lezat yang satu ini. Yup, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsinya dalam intensitas yang tidak berlebihan alias hanya dalam beberapa hari sekali atau beberapa kali dalam seminggu; bahkan sebulan.

Selain itu, kita juga harus ingat untuk tetap menjaga pola makan yang sehat seperti dengan memperbanyak mengonsumsi sayuran untuk asam lambung ataupun buah yang baik untuk penderita maag. Pastinya sudah jelas kan mengenai bahaya atau tidaknya mengonsumsi mie instan setelah minum kopi? Jangan lupa untuk menjalani pola hidup yang sehat setiap hari ya…

Cari Artikel Lainnya