Home » Kongkow » Bahasa Indonesia » Bahasa Indonesia Tema 5 Sub 3-4 (Cuaca, Musim, dan Iklim)

Bahasa Indonesia Tema 5 Sub 3-4 (Cuaca, Musim, dan Iklim)

5 months 'ago'

Ringkasan Materi

  1. Subtema 3 : Buku Siswa hal. 121-124, 134-136, 141-143, 147-150, 155-157, 167-170.
  2. Subtema 4 : Buku Siswa hal. 172-179, 191-193, 200-201, 204-208, dan  212.

 

  1. Materi BI Tema 5 Subtema 3

 

  1. Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia

Pada pembelajaran sebelumya kita pernah membahas tentang cuaca. Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat/wilayah dan waktu tertentu.

Keadaan cuaca dipengaruhi oleh tiga unsur, matahari, angina, dan air.

Umumnya manusia mengetahui cuaca berdasarkan langit yaitu dengan cara melihat awan.

  1. Cuaca cerah/panas

Dapat mengeringkan pakaian, menjemur kerupuk, padi, kacang, dan sebagainya. kalian bisa bersepeda, bermain sepak bola, dan layang-layang. Makanan atau minuman yang dikonsumsi biasanya yang segar-segar agar tubuh kita tidak kekurangan cairan. Saat cuaca panas tubuh kita memakai pakaian yang tipis dan dapat menyerap keringat.

  1. Cuaca mendung

Kalian bisa membantu ibu segera mengangkat jemuran dan bermain di teras rumah. karena sebentar lagi akan turun hujan.

  1. Cuaca hujan

Saat turun hujan tanah akan menjadi basah, kondisi seperti ini akan menguntungkan berbagai jenis tumbuhan. Saat cuaca hujan, manusia memakai payung atau jas hujan ketika keluar rumah. Bermain bersama keluarga, berolah raga di rumah, dan makan makanan atau minuman yang hangat serta memakai pakaiaan tebal biasanya terbuat dari bahan wol supaya tidak kedinginan.

 

  1. Pekerjaan yang dipengaruhi cuaca
  1. Menanam padi

Petani menanam padi pada saat musim hujan, karena tanaman padi membutuhkan baunyak air untuk pertumbuhan.

  1. Memanen padi/gabah

Memanen padi dilakukan pada saat musim panas, karena untuk menjemur gabah diperlukan banyak sinar matahari.

  1. Membuat garam

Petani garam tradisional lebih senang membuat garam di waktu musim panas, karena dibutuhkan banyak sinar matahari.

  1. Membuat batu bata

Pembuat batu bata tradisional lebih senang membuat batu bata di waktu musim panas, karena dibutuhkan banyak sinar matahari.

 

 

  1. Pekerjaan yang dilarang pada musim tertentu
  1. Pendaki gunung

Pada musim hujan pendaki gunung dianjurkan tidak mendaki gunung, karena pada saat kabut tebal bisa menyelimuti nunung sehingga dapat menyesatkan para pendaki.

  1. Pilot

Pilot pesawat terbang memerlukan cuaca yang cerah untuk menerbangkan pesawatnya agar selamat sampai tujuan.

 

  1. Materi Tema 5 Subtema 4
  1. Cuaca, Iklim, dan Musim

Cuaca, iklim, dan musim merupakan sebuah fenomena alam. Cuaca adalah keadaan udara di suatu daerah atau wilayah tertentu dengan jangka waktu yang sangat singkat/terbatas. Cuaca berubah-ubah dalam waktu singkat. Misalnya saat pagi cuaca cerah, ketika memasuki siang hari cuaca mendung, dan sore harinya terjadi hujan.

 

Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan.

 

Sedangkan iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu daerah yang luas, dalam jangka waktu yang panjang/lebih lama. Iklim ditentukan berdasarkan perhitungan waktu yang biasanya mencapai 11-30 tahun. Iklim pada suatu negara dipengaruhi oleh letak astronomis negara tersebut. Hal itulah yang menyebabkan iklim di suatu negara berbeda-beda.

 

  1. Perbedaan Cuaca dan Iklim
  1. Cakupan wilayah dan pengamatan tentang cuaca lebih sempit dan terbatas. Sedangkan cakupan wilayah dan pengamatan tentang iklim lebih luas.
  2. Waktu pengamatan terhadap cuaca di suatu daerah dapat dilakukan selama sehari 24 jam. Sedangkan waktu pengamatan terhadap iklim dilakukan dalam kurun waktu yang lebih lama, yaitu antara 11-30 tahun.
  3. Cuaca memiliki sifat cepat berubah dan tidak stabil. Sedangkan iklim memiliki sifat yang stabil dan sulit berubah. (Cuaca merupakan keadaan atmosfer bumi pada waktu yang sementara, sementara iklim merupakan keadaan alam atau atmosfer dalam waktu yang sangat lama)
  4. Prakiraan mengenai cuaca mudah dilakukukan, sedangkan prakiraan iklim sulit dilakukan.

 

  1. Persamaan Cuaca dan Iklim
  1. Cuaca dan iklim sama-sama menghasilkan peristiwa fisik dari langit seperti awan, hujan, petir, angin topan, dan sebagainya.
  2. Cuaca dan iklim sama-sama mempengaruhi persebaran hayati di ekosistem, dan membedakan daerah satu dengan yang lainnya.

 

  1. Iklim dan Musim di Indonesia

Iklim dan musim di Indonesia dipengaruhi oleh letak astronomis wilayah Indonesia. Secara astronomis, Indonesia terletak pada 6° LU-11° LS dan 95° BT - 141° BT. Berdasarkan garis lintangnya, Indonesia terletak di garis khatulistiwa (garis tengah bumi) sehingga memiliki iklim tropis. Iklim tropis mengakibatkan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, sinar matahari sepanjang tahun, dan kelembapan udara yang tinggi. Kondisi demilian membuat wilayah Indonesia ditumbuhi hutan hujan tropis yang lebat.

 

Negara beriklim tropis hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Umumnya terjadi masing-masing 6 bulan. Di Indonesia, musim hujan umumnya berlangsung pada bulan Oktober-Maret, sedangkan musim kemarau berlangsung pada bulan April-September. Namun hal tersebut tidak dapat dipastikan akibat perubahan iklim dunia. Bulan berlangsungnya musim sering bergeser. Lama berlangsungnya pun tidak selalu 6 bulan.

 

  1. Contoh beberapa negara yang memiliki iklim yang berbeda
  1. Negara yang memiliki iklim hutan hujan tropis antara lain Indonesia, Papua Nugini, Kongo, Brunei, Malaysia, Singapura, Filipina, Laos, Timor Leste, Vietnam, Myanmar, Philipina, Thailand, Kamboja, Brazil, Madagaskar, Suriname, Kolombia, Mikronesia, Peru, Srilanka, Fiji, Nikaragua dan lain sebagainya.
  2. Negara-negara beriklim subtropis antara lain Iran, Irak, Nepal, Tiongkok, Jepang, Korea Utara dan Selatan, Afrika Selatan, Mesir, Australia bagian selatan, Cile, Turki, dan lain-lain.
  3. Negara yang memiliki 4 musim ; Inggris, Prancis, Jerman, Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Australia ataupun China.

utakatikotak
0
utakatikotak
184
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :