Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Bagian tumbuhan yang berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari dalam tanah menuju daun dilakukan oleh jaringan

Bagian tumbuhan yang berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari dalam tanah menuju daun dilakukan oleh jaringan

- Kamis, 14 Juli 2022 | 11:05 WIB
Bagian tumbuhan yang berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari dalam tanah menuju daun dilakukan oleh jaringan

Bagian tumbuhan yang berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari dalam tanah menuju daun dilakukan oleh jaringan Xilem.

Pembahasan

Jaringan Xilem termasuk dalam salah satu Jaringan Pengangkut bersama dengan Floem. Jaringan pengangkut adalah jaringan yang ada pada tumbuhan yang fungsinya mengangkut dan mendistribusikan zat-zat yang diperlukan oleh tumbuhan.

Pada tumbuhan terdapat 2 jenis Jaringan Pengangkut yaitu pembuluh xilem dan pembuluh floem. Letak xilem dan floem pada organ tumbuhan saling berdekatan dimana jaringan xilem memiliki letak yang lebih dalam pada jaringan tumbuhan, maksudnya xilem memiliki letak di bagian dalam sebelum floem jika diurutkan dari jaringan paling dalam.

a. Xilem (Pembuluh kayu) adalah pembuluh angkut pada tumbuhan yang berfungsi untuk mengangkut air beserta zat mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan dari akar menuju daun. Air da zat hara yang sudah diserap oleh rambut akar akan ditransmisikan ke bagian silinder pusat dan kemudian akan dibawa oleh jaringan pembuluh xylem menuju daun.

b. Floem (Pembuluh tapis) adalah pembuluh angkut yang berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.  

Sumber :
Cari Artikel Lainnya