Home » Kongkow » Tahukah Kamu » BIASA DIANGGAP HAMA JAHAT, INI 7 MANFAAT RUMPUT TEKI

BIASA DIANGGAP HAMA JAHAT, INI 7 MANFAAT RUMPUT TEKI

- Rabu, 04 September 2019 | 13:50 WIB
BIASA DIANGGAP HAMA JAHAT, INI 7 MANFAAT RUMPUT TEKI

Rumput teki atau dikenal juga dengan nama nutgrass merupakan semak abadi yang tingginya bisa mencapai 140 cm. Tanaman ini dikenal sebagai gulma pertanian yang biasa tumbuh di lahan terbuka. Pertumbuhan dari tanaman ini sangat sulit dikendalikan dan cepat menyebar karena sifatnya yang adaptif dan menghasilkan umbi. Maka dari itu, tidak heran jika tumbuhan ini sering kali muncul di halaman rumahmu. Meskipun dikenal sebagai hama, tanaman ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Tidak percaya? Langsung saja disimak ulasannya, 

Manfaat Rumput Teki

1. Sebagai Antiinflamasi

Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan jika tanaman ini memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi karena kandungan triterpenoid. Jika kamu ingin mendapatkan khasiatnya, kamu bisa meminum ekstrak rumput teki secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes, gangguan hati, dan ginjal dengan cara yang alami.

2. Mengobati Masalah Pencernaan

rumput teki

Umbi dari rumput ini mengandung senyawa aktif dan enzim yang bisa dimanfaatkan untuk merangsang reaksi biokimia yang memengaruhi sistem pencernaan. Dengan begitu, bisa dibilang tanaman ini pun sangat baik untuk melancarkan buang air besar, meredakan diare, disentri, gangguan usus, dan masalah pencernaan lainnya.

3. Merawat Kulit

Minyak esensial yang dihasilkan dari ekstrak akar rumput ini dipercaya bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Hal ini disebabkan oleh extrapone yang merupakan formulasi khusus dari rumput teki yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Selain itu, terdapat juga sifat anti-aging yang sangat baik untuk mencegah penuaan.

4. Meringkankan Gejala PMS

rumput teki

Senyawa yang terkandung pada tanaman ini bisa menormalkan gangguan pada payudara saat menstruasi serta menjaga agar suhu tubuh tetap normal. Untuk membuat ramuan yang terbuat dari umbinya, ikut cara di bawah ini:

  1. Bilas dan bersihkan umbinya.
  2. Lumat dan masukkan ke dalam panci berisi air mendidih.
  3. Minum secara teratur ramuan hasil rebusan tersebut.

Baca Juga : Dianggap Tanaman Pengganggu, Tahukah Kamu Rumput Teki Bisa Sembuhkan Hipertensi, Kencing Batu, dan Keputihan

5. Menyembuhkan Luka

Daun dari tanaman ini disebut bisa menyembuhkan luka dengan sangat cepat. Caranya adalah dengan mengoleskan daun yang telah ditumbuk hingga halus di area yang terluka.  Simpel, bukan?

6. Mengobati Diare

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, rumput ini disimpulkan bisa menyembuhkan diare pada hewan. Hal ini dibuktikan dengan sebuah percobaan terhadap tikus yang diobati dengan tanaman teki. Menurut hasil tersebut, rumput ini mampu menghambat gejala diare sebanyak 46%.

7. Meredakan Demam

rumput teki

Rumput yang satu ini bisa menginduksi keringat jika diterapkan pada tubuh sehingga bisa menormalkan suhu yang naik. Untuk mendapatkan khasiatnya, cukup haluskan umbinya dan campurkan dengan sedikit air. Setelah itu, kompreskan pada tubuh.

8. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian pada tahun 2007, para peneliti mencoba memberikan ekstrak tanaman teki kepada sekelompok tikus selama 60 hari. Hasil dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terjadi penurunan yang sangat signifikan pada berat bada tikus.

9. Mengobati Penyakit Kulit

rumput teki

Penyakit kulit seperti kudis, eksim, kutu air, dan panu bisa disembuhkan dengan tumbuhan ini. Pasalnya, teki bisa membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh penyakit kulit. Cukup lumatkan daun dari rumputnya dan aplikasikan pada area yang terkena penyakit kulit.

Itulah beberapa dari manfaat rumput teki yang harus kamu ketahui. Semoga tulisan ini bermanfaat

Cari Artikel Lainnya