Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Apa yang Terjadi Jika Minum Kopi Espresso Menjelang Tidur Malam?

Apa yang Terjadi Jika Minum Kopi Espresso Menjelang Tidur Malam?

- Rabu, 28 Agustus 2019 | 13:36 WIB
Apa yang Terjadi Jika Minum Kopi Espresso Menjelang Tidur Malam?

Kopi adalah salah satu minuman favorit di dunia. Bahkan, kini dengan mudah kita bisa menemukan kafe-kafe yang berjualan kopi. Saat ini popularitas kopi kian di atas daun, dan ini berkat manfaat dan juga rasanya. Biasanya, kita akan mengonsumsi kopi setelah bangun tidur di pagi hari atau saat beraktivitas. Tujuannya agar tubuh selalu berenergi dan jauh dari rasa kantuk dan lelah. Karena kopi terbukti mengusir rasa ngantuk yang datang.

Kopi hitam
Kopi hitam.

Apalagi kopi espresso atau kopi hitam yang sangat pekat, membuat sebagian orang percaya bisa menghilangkan rasa ngantuk. Tetapi apa yang terjadi pada tubuh jika Anda minum seperosi espresso di malam menjelang tidur?

Menurut sebuah penelitian terbaru, yang dikutip dari 
dailymail.co.uk, secara mengejutkan menemukan bahwa kopi tidak membuat gangguan tidur. Justru, minuman beralkohol yang lebih mungkin mengganggu tidur Anda daripada kafein.

Nikotin - baik dari rokok atau vaping - bahkan lebih kuat dikaitkan dengan insomnia, terutama jika dilakukan di malam hari.

Sedangkan untuk kopi, para peneliti di Florida Atlantic University, Harvard, Emory, dan Mississippi Medical Center tidak menemukan hubungan signifikan dengan gangguan atau kesulitan tidur.

Studi ini, yang diikuti 785 orang Afrika-Amerika selama 14 tahun ini, sangat mencerahkan bagi orang-orang Afrika-Amerika. Di mana secara tidak proporsional menderita insomnia, sleep apnea, dan gangguan terkait tidur lainnya dibandingkan dengan yang lainnya.

Penelitian ini adalah salah satu studi longitudinal terbesar, tentang bagaimana alkohol, kafein, dan merokok di malam hari memengaruhi tidur.

Kopi Hitam Tidak Menyebabkan Gangguan Tidur

Tak satu pun dari orang-orang dalam penelitian ini menderita gangguan tidur klinis.
 

Ilustrasi gangguan tidur
Ilustrasi gangguan tidur.

Setiap orang diberikan sensor gelang tangan untuk memantau tidur, serta jurnal untuk mencatat bagaimana mereka tidur, bagaimana perasaan, dan apa yang mereka makan, merokok atau minum di malam hari.

Bahkan setelah mengabaikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi tidur mereka - usia, jenis kelamin, apakah mereka obesitas, jika mereka memiliki pekerjaan atau sekolah pada hari berikutnya, jika mereka mengalami depresi, cemas, stres - kafein benar-benar berdampak kecil pada tidur.

Mereka yang mengalami gangguan tidur, justru setelah minum minuman beralkohol menjelang waktu tidur. Demikian juga dengan merokok, membuat seseorang kesulitan untuk tidur di malam hari.

Nah mulai sekarang, jangan ragu untuk minum kopi di malam hari ya. Tapi pastikan, kopi yang Anda konsumsi bebas dari pemanis seperti gula dan madu atau apapun juga. Karena gula justru membuat kenaikan kadar gula darah secara signifikan.

Cari Artikel Lainnya