Home » Kongkow » Biologi » Apa perbedaan Hormon dan Enzim

Apa perbedaan Hormon dan Enzim

- Senin, 09 Agustus 2021 | 13:00 WIB
Apa perbedaan Hormon dan Enzim

Tubuh manusia adalah mesin yang kompleks dan meskipun semua tampak sunyi dan tenang di luar, ada banyak fungsi fisiologis yang dilakukan setiap detik dari keberadaan kita. Fungsi-fungsi ini diaktifkan oleh berbagai reaksi kimia dalam tubuh kita.

Pikirkan tubuh manusia sebagai mobil dan agar mobil berada dalam keadaan fungsional dan dapat dikendarai, berbagai bagian mobil perlu diminyaki, dilumasi dan bekerja bersama-sama agar kita dapat mengemudikan perawatan. Berbagai reaksi kimia dalam tubuh kita membantu kita berfungsi dengan cara yang serupa.

Sebagian besar reaksi kimia dalam tubuh kita, membutuhkan sinyal atau pemicu untuk inisiasi atau kadang-kadang beberapa reaksi perlu dihambat dan dibiarkan sendiri, reaksi ini akan terjadi pada kecepatan yang sangat lambat, oleh karena itu diperlukan zat untuk mempercepat reaksi ini. Zat yang memicu / menghambat / mengatur reaksi disebut hormon dan zat yang mempercepat reaksi disebut enzim.

Apa itu hormon?

Hormon adalaht pembawa pesan kimiawi tubuh. Mereka mengatur berbagai jenis reaksi dalam tubuh dan tindakan pengaturan ini bisa berupa aktivasi atau penghambatan. Sebagian besar hormon disekresikan dalam darah dan bersirkulasi melalui tubuh yang bersentuhan dengan semua sel, tetapi hanya mengikat pada sel target yang ditentukan. Sel target memiliki reseptor spesifik untuk hormon spesifik yang memungkinkan pengikatan hormon ke sel target. Sisa sel yang ditemukan hormon saat bersirkulasi tetap tidak terpengaruh.

Ini sangat mirip dengan Anda berjalan melalui platform stasiun yang ramai dengan ribuan orang yang lewat, tetapi begitu Anda bertemu seseorang yang Anda kenal, Anda cenderung untuk berpelukan atau berjabat tangan dengan orang itu sementara orang yang tidak dikenal lainnya terus berjalan melewati Anda.

Aktivitas dikendalikan oleh hormon

Homeostasis – Hormon membantu mengatur suhu tubuh, air dan keseimbangan glukosa dalam tubuh dan ini membantu menjaga lingkungan internal tubuh.

Kegiatan morfogenik – Hormon tiroid, kelenjar hipofisis, dll. Mengendalikan pertumbuhan, perkembangan, dan diferensiasi jaringan tubuh.

Kegiatan reproduksi – Hormon memainkan peran penting dalam pembentukan gamet dan perkembangan karakteristik kelamin sekunder. Contohnya adalah hormon pria dan wanita – testosteron dan progesteron. Progesteron pada wanita membantu pematangan sel telur, implantasi sel telur yang dibuahi, mempertahankan kehamilan, dll.
Produksi hormon kelamin pada pria dan wanita. Persentase rata-rata dari sejak lahir hingga usia delapan puluh tahun. I

Testosteron pada pria bertanggung jawab atas karakteristik pria seperti otot, rambut wajah, dan pematangan sperma.

Aktivitas metabolik – Hormon-hormon tertentu mengontrol laju metabolisme basal.

Pertumbuhan, pematangan, dan regenerasi – Hormon mengatur pertumbuhan dan pada beberapa hewan mengatur metamorfosis, moulting (penumpahan rambut dan bulu) dan diapause (periode pengembangan hewan atau serangga yang dihentikan sementara).

Hormon dibutuhkan dalam jumlah kecil di tubuh kita, namun, kelebihan atau kekurangan hormon menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan gangguan dalam tubuh.

Apa itu enzim?

Kehidupan kita ditopang oleh berbagai reaksi kimia yang diatur dengan baik, banyak di antaranya terjadi dengan kecepatan lambat dan karenanya alam telah menciptakan bahan kimia ini dalam tubuh kita yang disebut enzim yang bertindak sebagai katalis dan mempercepat reaksi kimia ini. Tanpa enzim sebagai katalis, reaksi kimia ini akan terlalu lambat untuk memenuhi kebutuhan kita.

Enzim hadir dalam semua bentuk kehidupan mulai dari virus hingga manusia. Pada manusia, mereka mengkatalisasi beragam reaksi langsung dari metabolisme ke biosintesis hingga detoksifikasi. Dalam setiap sel tertentu, beberapa ribu enzim hadir, masing-masing dimaksudkan untuk mengkatalisasi reaksi spesifik. Produksi enzim dalam hal struktur dan jumlah enzim dikendalikan oleh DNA sel.

Oleh karena itu, sel-sel yang berbeda dalam organisme yang sama dapat menghasilkan enzim yang berbeda dalam jumlah yang dibutuhkan sesuai permintaan sel tersebut. Enzim membantu pencernaan dengan membantu tubuh memecah molekul kompleks besar seperti glukosa menjadi unit yang lebih kecil yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Di hati, enzim membantu memecah racun dalam tubuh. Banyak enzim yang diekstraksi dari organisme hidup mempertahankan sifat katalitiknya dan dapat digunakan untuk tujuan komersial seperti pembuatan roti, keju, dll. Mereka juga digunakan dalam mencuci bubuk dan produk pembersih.

Perbedaan antara hormon dan enzim

  • Sebagai permulaan, semua enzim adalah protein. Yang sedang berkata, semua protein bukan enzim, perbedaannya adalah bahwa hanya enzim yang memiliki sifat katalitik. Hormon dapat terdiri dari protein misalnya. hormon antidiuretik, misalnya amina. epinefrin atau mereka dapat terdiri dari steroid misalnya. testosteron dan estrogen.
  • Enzim menurut definisi adalah katalis biologis, sedangkan hormon hanya memicu atau menghambat suatu reaksi, tanpa efek pada laju di mana reaksi biologis berlangsung.
  • Tempat kerja enzim biasanya adalah sel tempat mereka diproduksi, sedangkan hormon disekresikan oleh sel dan dibawa ke tempat lain ke organ target melalui darah.
  • Enzim adalah molekul raksasa dengan berat molekul tinggi sedangkan hormon memiliki berat molekul rendah.
  • Enzim tidak dapat berdifusi melalui membran sel sedangkan hormon dapat dengan mudah berdifusi melalui membran sel.
  • Karena enzim adalah katalis, komposisi kimianya tetap tidak berubah setelah reaksi dan karenanya enzim dapat digunakan kembali sedangkan hormon mengalami perubahan dalam komposisi kimianya setelah berpartisipasi dalam reaksi kimia dan karenanya tidak dapat digunakan lagi.
  • Faktor-faktor seperti usia tidak mempengaruhi produksi enzim, namun tonggak yang berkaitan dengan usia mempengaruhi produksi hormon misalnya, pubertas, menopause, dll.
  • Jika konsentrasi enzim meningkat, laju reaksi meningkat hingga batas tertentu, sedangkan peningkatan (kelebihan) atau penurunan (defisiensi) kadar hormon menyebabkan gangguan metabolisme dalam tubuh kita.

Kesimpulan

Enzim dan hormon adalah bahan kimia penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melakukan berbagai aktivitas pada tingkat sel. Enzim telah diketahui memiliki kepentingan komersial bahkan di luar tubuh kita dan hormon perlu hadir dalam tubuh kita dalam jumlah yang tepat atau kalau tidak, kekacauan metabolisme menunggu untuk terjadi. Meskipun keduanya berfungsi dalam pengaturan, penting untuk memahami masing-masing secara individual untuk dapat menghargai perbedaan antara hormon dan enzim.

Cari Artikel Lainnya