Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Apa Itu April Mob dan Bagaimana Sejarahnya?

Apa Itu April Mob dan Bagaimana Sejarahnya?

- Jumat, 01 April 2022 | 07:00 WIB
Apa Itu April Mob dan Bagaimana Sejarahnya?

Tanggal 1 April selalu identik dengan perayaan April Mop. April Mop merupakan hari di mana seseorang diperbolehkan melakukan kebohongan, lelucon, atau jebakan dengan maksud bercanda.

Nama lain dari April Mop adalah April Fools Day. Banyak orang merayakan April Mop dengan candaan, tipuan, atau jebakan-jebakan untuk bersenang-senang.

April Mop adalah momen dimana orang-orang dari berbagai belahan dunia merayakan dengan melakukan lelucon. Mereka akan berlomba-lomba membuat lelucon paling menghebohkan. Setiap negara memiliki sejarah tentang April Mob yang berbeda-beda.

Inggris

Beberapa orang menganggap bulan ini istimewa karena negara yang mengalami empat musim akan berganti ke musim semi. Satu diantara kemungkinkan paling logis, tradisi ini untuk merayakan sebuah festival Yunani-Romawi yang disebut Hilaria.

Festival Hilaria dirayakan tiap tanggal 25 Maret untuk menghormati hari pertama tahun lebih lama dari malam, atau yang biasa dikenal dengan Vernal Equinos, yang biasanya jatuh pada 20 Maret.

Perayaan itu termasuk parade, topeng, dan lelucon untuk merayakan hari pertama setelah equinox vernal.

Awal mula kemunculan April Mop ini pun tak termuat dalam catatan atau laporan khusus. Namun, melakukan hal yang konyol sudah terjadi pada abad pertengahan.

Seorang penyair Flemish misalnya, pada tahun 1561, pernah menulis syair lucu tentang seorang bangsawan yang mengirim pelayannya bolak-balik untuk melakukan tugas konyol demi persiapan pesta pernikahan.

Tak hanya itu, pada tahun 1686, penyebutan April Mop di Inggris sudah mulai marak. Kala itu penulis biografi John Aubrey menggambarkan hari pertama di bulan April sebagai "Fooles Holy Day" atau "Hari Suci Mop". Pada tahun 1600-an itu pun, tradisi "membodohi" atau "menipu" seseorang untuk lelucon telah berkembang di Eropa.

Ada sebuah peristiwa kebohongan terbesar yang terjadi pada tahun 1698 pada hari April Mop tersebut, di mana banyak orang Inggris yang ditipu agar berkumpul di menara London untuk menonton ritual memandikan singa. Sementara, upacara memandikan singa itu tak pernah ada.

Berdasarkan pada asal-usulnya, memang belum jelas kapan tradisi ini dimulai.

Prancis

Beberapa sejarawan memperkirakan bahwa April Mop dimulai pada tahun 1582 di Prancis. Saat itu, Prancis mengganti kalender dari Julian menjadi Gregorian. Pada abad pertengahan, seluruh Eropa merayakan tahun baru pada tanggal 25 Maret hingga 1 April.

Saat Raja Charles IX mengganti sistem kalender, tahun baru dipindah menjadi tanggal 1 Januari. Sedangkan masyarakat tetap merayakannya sesuai dengan tanggal sebelumnya dan lupa soal pergantian kalender. Orang-orang yang terlanjur merayakannya itu dijuluki 'Poisson d'avril' atau 'April Fish' -- simbol orang yang gampang dikibuli.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya