Home » Kongkow » Biologi » Apa Fungsi Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh?

Apa Fungsi Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh?

- Selasa, 30 Maret 2021 | 17:00 WIB
 Apa Fungsi Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh?

Seringkali, kita mendengar istilah ‘Omega 3’ dari berbagai sumber baik televisi, internet atau orang secara langsung. Omega 3 tersebut biasanya ada dalam beberapa produk makanan tertentu yang ditawarkan untuk bisa dikonsumsi oleh semua umur. Produk makanan yang mereka iklankan tersebut diklaim memiliki kandungan omega 3 yang cukup kaya. Kandungan tersebut tentunya dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, agar bisa kita mengetahuinya, maka kita perlu melakukan proses penelusuran terhadap Omega 3 tersebut khususnya mengenai fungsi, sumber dan efek omega 3 untuk kesehatan. Agar bisa memberikan pencerahan, maka dibawah ini dijelaskan secara lebih mendetail.

Apa Sebenarnya Omega 3 Itu?

Omega 3 adalah suatu jenis lemak tidak jenuh dalam yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lemak ini menjadi salah satu zat yang berasal dari luar tubuh biasanya dari makanan. Salah satu poin penting yang harus diketahui adalah bahwa ternyata zat omega 3 ini tidak bisa atau tidak dihasilkan oleh tubuh melainkan harus berasal dari luar tubuh. Maka dari itu, tidak salah jika zat ini dianggap sebagai suplemen yang berguna dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Apa Fungsinya Bagi Tubuh?

Dijelaskan diatas bahwa Omega 3 ini memiliki peran dan fungsi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, lalu apa sebetulnya fungsi utama dari zat ini. Nah, maka dari itu sebaiknya coba kita telusuri dengan seksama beragam fungsi utama dari omega 3 ini:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Salah satu fungsi utama dari Omega 3 ini adalah baik untuk kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi omega 3 yang cukup, maka arterial pembuluh darah dari jantung akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Dengan begitu resiko sakit jantung dan beberapa hal lainnya yang berhubungan seperti detak jantung tidak normal, darah tinggi dan lainnya bisa teratasi.

2. Baik Juga untuk Otak

Seperti disebutkan diatas bahwa omega 3 ini memiliki fungsi memperlancar arterial darah, termasuk juga ke bagian otak. Selain itu, omega 3 ini juga ternyata baik sekali untuk perkembangan otak anak sampai dewasa. Hal itu bisa membantu meningkatkan kerja otak dan menghindarkannya dari beragam masalah seperti cepat lupa, pikun dan lainnya.

3. Baik untuk Kesehatan Mental Juga

Nah, hal yang tak kalah penting adalah dimana ternyata omega 3 ini baik sekali untuk kesehatan mental. Salah satu hal yang paling penting adalah dimana Omega 3 ini bisa menghambat terjadinya depresi. Serta Banyak lagi fungsinya!

Darimana Sumber Omega 3?

Kemudian, perlu membahas tentang sumber dari omega 3 ini, makanan apa saja sebenarnya yang mengandung omega 3. Nah, salah satu sumber omega 3 yang paling populer dan banyak dipilih dan dikonsumsi oleh banyak orang adalah dari minyak ikan. Namun sebetulnya ada dua sumber utama yakni dari nabati dan juga dari sumber hewani seperti minyak ikan tersebut. Adapun sumber nabati diantaranya berasal dari sayuran seperti brokoli, bayam, biji-bijian dan juga yang lainnya. Sementara itu dari hewani, sumber ikan adalah yang paling kaya akan omega 3 seperti ada ikan tuna, ikan salmon dan lainnya. Lalu, bolehkan mengkonsumsi suplemen omega 3? Nah, mengenai hal itu sebaiknya dipilih berdasarkan konsultasi ke dokter terlebih dahulu dan perhatikan produk yang akan dikonsumsi.

Efek Jika Kekurangan Omega 3

Jika tubuh kita kekurangan omega 3, maka akan ada beragam penyakit yang bisa menyerang tubuh kita mengingat memang perannya yang sangat penting bagi tubuh. Beberapa gejala kekurangan omega 3 itu diantaranya adalah gatal-gatal, kulit kering, rambut rapuh, nyeri sendi, depresi dan kelelahan. Masalah utama yang muncul akibat kekurangan konsumsi omega 3 ini adalah mengenai sirkulasi darah yang bisa berdampak lebih lanjut pada kesehatan otak, jantung, mata, kulit dan yang lainnya. Selain itu, pastikan juga agar kita tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi minyak ikan apalagi dalam bentuk suplemen karena bisa saja memberikan beberapa efek samping.

Ikan Salmon adalah salah satu sumber Hewani untuk Omega 3

Dari penjelasan diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa ada banyak keuntungan dari Omega 3 yang bisa didapatkan oleh tubuh. Hal ini menjadi salah satu yang penting untuk diperhatikan karena omega 3 tidak diproduksi langsung dalam tubuh. Pastikan kita mengetahui sumbernya, dan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 secara lengkap.

Cari Artikel Lainnya