Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Alat kelamin pada wanita yang berfungsi menghasilkan sel telur adalah

Alat kelamin pada wanita yang berfungsi menghasilkan sel telur adalah

- Kamis, 04 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Alat kelamin pada wanita yang berfungsi menghasilkan sel telur adalah

Alat kelamin pada wanita yang berfungsi menghasilkan sel telur adalah Ovarium

Pembahasan

Ovarium adalah alat kelamin pada wanita yang berfungsi menghasilkan sel telur. Ovarium melepaskan sel telur setiap terjadi siklus menstruasi ke dalam tuba valopi untuk selanjutnya dibuahi oleh sperma.

Dan proses pelepasan telur yang telah matang dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi ini dinamakan ovulasi.

Ovarium berbentuk seperti buah kenari dengan panjang kurang lebih 3 sentimeter dengan lebar 1,5 sentimeter dan tebal 1 sentimeter. Letak Ovarium menempel ke rahim dengan ligamen. 

Selain menghasilkan ovum, ovarium juga memiliki fungsi lainnya yaitu 

1. Melindungi sel telur 

Fungsi Ovarium sebagai tempat perlindungan sel telur. Sel telur pada wanita sudah terbentuk sejak ia dilahirkan. Wanita memiliki 150.000 sampai 500.000 folikel di dalam ovariumnya. Ovarium akan menjaganya sampai telur siap digunakan setelah wanita mengalami pubertas.

2. Menghasilkan hormon 

Selain menghasilkan ovum, ovarium juga dapat menghasilkan hormon. Setelah proses ovulasi terjadi, folikel tempat telur akan berubah jadi korpus luteum. Korpus luteum adalah organ yang memproduksi hormon progesteron dan estrogen yang bekerja untuk mempersiapkan rahim untuk tempat implantasi embrio. Hormon ini bekerja dengan membuat dinding rahim menebal.

Terdapat tiga macam hormon estrogen yang diproduksi di ovarium, yaitu estrone, estradiol, dan estriol. Hormon ini berfungsi untuk membentuk tubuh wanita, seperti dada dan pinggul yang membesar.

Jika tidak ada sperma yang membuahi sel telur, korpus luteum akan berhenti memproduksi hormon progesteron. Hal ini terjadi kurang lebih 9 hari setelah terjadi ovulasi.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya