Home » Kongkow » Materi » Alat Musik Tradisional dan Asal Daerahnya

Alat Musik Tradisional dan Asal Daerahnya

- Selasa, 15 Februari 2022 | 13:00 WIB
Alat Musik Tradisional dan Asal Daerahnya

Otakers, selain Pakaian dan Rumah adat Indonesia yang terkenal kaya akan warisan budaya juga memiliki Alat music tradisional dimana alat musik ini biasanya digunakan sebagai iringan dam sebuah pertunjukan budaya.

Nah, seperti yang kita ketahui di setiap daerah khususnya di Indonesia pasti memiliki alat musik tradisional yang bermacam-macam. Bukan hanya untuk mengiringi pertunjukan, nyatanya beberapa alat musik ini bisa menjadi bukti sejarah maupun sarana edukasi bagi masyarakat. Untuk pembahasan yang lebih lengkap yuk simak penjelasannya di bawah ini ya otakers.

1. Alat Musik Tradisional Seruni Kale

Sarune Kale berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam yang mempunyai jenis bunyi Aerofon, yaitu bunyi yang berasal dari hembusan angin. Cara menggunakan serune kale adalah dengan ditiup dan menggunakan jari untuk mengatur nada yang ada di lubang serune kale.

2.Alat Musik Tradisional Aramba

Jika dilihat dengan sekilas, aramba memiliki bentuk yang sama seperti gong. Namun aramba bertubuh lebih kecil. Cara memainkan kedua alat musik ini pun sama. Aramba juga dimainkan dengan cara dipukul menggunakan semacam stik untuk menimbulkan suara. Alat musik tradisional Aramba berasal dari Sumatera Utara.

3.Alat Musik Tradisional Saluang

Alat musik tradisional saluang berasal dari Sumatera barat. Saluang merupakan alat musik yang berbunyi aerofon, yakni bebunyian yang berasal dari hembusan angin. Cara memainkannya pun serupa dengan seruling, di mana kamu hanya perlu meniup dan lubang-lubang yang berada di saluang berfungsi untuk mengatur nada-nada dengan menggunakan jari kamu.

4. Alat Musik Tradisional Sasando

Alat musik ini tentunya sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Selain bentuknya yang unik, suara yang dihasilkan pun sangatlah merdu. Hal yang membuat sasando unik adalah penggunaan bahan alami berupa daun lontar sebagai bahan utamanya. Menarik bukan?

Baca Juga :

Alat Musik Sunda

Alat Musik Tradisional Kendang

Perbedaan Alat Musik Calung dan Angklung

Alat musik ini merupakan alat musik khas Tanah Rote yaitu sebuah wilayah di Nusa Tenggara Timur. Cara memainkannya yaitu dengan cara dipetik layaknya gitar. Namun, tidak semua orang bisa memainkannya secara merdu karena harus memiliki teknik tertentu. Nama sasando sendiri mulai terkenal sejak digunakan kontes dalam acara WOW 2013.

5.Alat Musik Tradisional Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional yang masih cukup sering digunakan. Cukup banyak musisi yang menggunakan angklung layaknya sebuah orkestra. Angklung berasal dari wilayah Jawa Barat dan sudah diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO.

Angklung terbuat dari bambu, dan kamu bisa memainkan alat musik tradisional ini dengan cara menggoyangkannya sampai bambu tersebut mengeluarkan suara akibat getaran.

6.Alat Musik Tradisional Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional dari Minahasa, Sulawesi Utara, yang berbentuk segiempat trapesium dengan bilah-bilah kayu berukuran berbeda. Setiap bilah kayu akan menghasilkan suara berbeda pula jika dipukul. Karena itu, kolintang termasuk alat musik idiofon karena mengeluarkan suara dari getarannya sendiri. Rakyat Minahasa beranggapan bahwa nama kolintang berasal dari suaranya, yaitu tong (suara rendah), ting (suara tinggi), dan tang (suara umum). Tong ting tang beralih jadi kata kulintang agar mudah dilafalkan oleh penduduk Minahasa.

7. Alat Musik Tradisional Cengceng

Alat musik tradisional cengceng berasal dari Bali. Cengceng biasanya oleh masyarakat Bali digunakan dalam acara-acara seperti perayaan adat daerah dan ketika pesta pernikahan. Cara memainkan cengceng adalah dengan meletakannya pada kedua telapak tangan yang kemudian dilanjutkan dengan saling dibenturkan. Alat musik ini termasuk dalam jenis bunyi idiofon.

8. Alat Musik Tradisional Tifa

Berpindah ke wilayah timur Indonesia tepatnya di Papua ada alat musik daerah yang bernama tifa. Ya, alat musik ini merupakan alat musik khas terutama untuk masyarakat Maluku dan Papua. Cara memainkan tifa adalah dengan cara dipukul dengan bentuk fisik seperti tube.

Meski memiliki bentuk yang sederhana, ternyata tifa ini cukup diminati oleh turis yang sedang berkunjung. Tidak hanya itu, alat musik ini juga sering dibeli untuk oleh oleh maupun cinderamata. Uniknya lagi, di setiap pembuatan ada diberi ukiran khas Maluku atau Papua yang membuat nilai estetika alat ini semakin tinggi.

9. Alat Musik Tradisional Kendang atau Gendang

Selain yang sudah dijelaskan diatas, masih ada lagi alat musik tradisional Indonesia yang perlu diketahui yaitu kendang. Secara umum, alat  musik ini sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Kendang umumnya sering digunakan dalam pertunjukan bertema masyarakat Jawa. Kendang merupakan alat musik khas dari Jawa khususnya Jawa Timur. Cara memainkannya adalah dengan cara dipukul. Terdapat 2 sisi yang bisa dipukul pada alat musik ini. Dan setiap sisi memiliki nada yang berbeda dan saat dimainkan biasanya akan disesuaikan dengan alat musik lainnya.

10.Alat Musik Tradisional Gamelan

Alat musik tradisional lainnya yang juga berasal dari Pulau Jawa adalah gamelan. Secara umum alat musik ini terdiri dari beberapa alat musik instrumen dasar maupun pengiring. Meski terbilang kuno, nyatanya gamelan masih banyak digunakan dalam beberapa acara seperti wayang, kuda lumping, atau semacamnya.

Sama seperti angklung, alat musik gamelan juga sudah mendunia. Bahkan tidak sedikit warga asing yang ingin belajar lebih dalam tentang alat musik asli Indonesia ini. Bahkan gamelan sudah menjadi kurikulum wajib di beberapa sekolah di Amerika dan New Zealand.

Nahh untuk selengkapnya kalian bisa lihat table berikut ini ya

Tabel Nama Alat Musik Tradisional

No

Nama Daerah

Alat Musik Tradisional

Jenis Bunyi

1

ACEH

SERUNE KALEE

AEROFON

2

SUMATERA UTARA

ARAMBA

IDEOFON

3

SUMATERA BARAT

SALUANG

AEROFON

4

RIAU

GAMBUS

KORDOFON

5

JAMBI

GAMBUS

KORDOFON

6

SUMATERA SELATAN

ACCORDION

AEROFON

7

BENGKULU

DOLL

MEMBRANOFON

8

LAMPUNG

BENDE

IDEOFON

9

KEP. BANGKA BELITUNG

GENDANG MELAYU

MEMBRANOFON

10

KEPULAUAN RIAU

GENDANG PANJANG

MEMBRANOFON

11

DKI  JAKARTA

TEHYAN

KORDOFON

12

JAWA BARAT

ANGKLUNG

IDEOFON

13

JAWA TENGAH

GAMELAN

IDEOFON

14

YOGYAKARTA

GENDANG

IDEOFON

15

JAWA TIMUR

BONANG

IDEOFON

16

BANTEN

GENDANG

MEMBRANOFON

17

BALI

CENGCENG

IDEOFON

18

NUSA TENGGARA BARAT

SERUNAI

AEROFON

19

NUSA TENGGARA TIMUR

SASANDO

CHORDOFON

20

KALIMANTAN BARAT

TUMA

MEMBRANOFON

21

KALIMANTAN TIMUR

SAMPE

KORDOFON

22

KALIMANTAN TENGAH

JAPEN

KORDOFON

23

KALIMANTAN SELATAN

PANTING

KORDOFON

24

SULAWESI UTARA

KOLINTANG

IDEOFON

25

SULAWESI TENGAH

GANDA

MEMBRANOFON

26

SULAWESI SELATAN

KESO

CHORDOFON

27

SULAWESI TENGGARA

LADOLADO

IDEOFON

28

GORONTALO

GANDA

MEMBRANOFON

29

SULAWESI BARAT

KECAPI

KORDOFON

30

MALUKU

NAFIRI

MEMBRANOFON

31

MALUKU UTARA

FU

AEROFON

32

PAPUA BARAT

GUOTO

KORDOFON

33

PAPUA

TIFA

MEMBRANOFON

 

Jangan lupa nonton video kita juga ya. Alat musik tradisional beserta asal daerahnya dibawah ini 

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya