Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Alat Musik Melodis dan Contohnya

Alat Musik Melodis dan Contohnya

- Rabu, 23 Februari 2022 | 10:09 WIB
Alat Musik Melodis dan Contohnya

Alat musik melodis adalah alat musik yang berfungsi untuk membawakan melodi suatu lagu. Alat musik jenis ini sangat berperan untuk membuat alunan musik dan lagu terdengar indah dan merdu.

Alat musik melodi juga bisa menghasilkan suatu nada atau notasi. Berbeda dengan alat musik harmonis dan alat musik ritmis, alat musik melodis bisa dimainkan sendiri atau solo.

Setiap jenis instrumen memiliki fungsi yang bisa digunakan untuk jenis musik tertentu. Tanpa alat musik melodis ,alunan musik terdengar ada yang kurang atau tidak utuh karena fungsi alat musik tersebut untuk mengatur nada dan ritme.

Baca juga: Alat Musik Ritmis beserta Contoh dan Cara Memainkannya

Contoh Alat Musik Melodis

1. Piano

Piano merupakan alat musik yang memiliki banyak fungsi, seperti untuk menciptakan lagu, mengiringi sebuah lagu, dan bisa dimainkan untuk mengiringi berbagai genre musik.

Piano bisa dimainkan dengan cara ditekan oleh jari-jari tangan. Piano dibagi menjadi tiga macam, yaitu baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

2. Gitar

Gitar merupakan alat musik melodis modern yang paling populer. Alat musik tersebut banyak digunakan saat membawakan sebuah lagu.

Gitar terdiri dari tiga bagian, yaitu badan gitar, stang gitar, dan senar, yang bisa dimainkan dengan cara dipetik. Gitar terbagi menjadi dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

3. Biola

Biola adalah alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pop atau akustik.

Walau biola identik dengan perempuan, tetapi lelaki juga bisa memainkan biola.

Biola dirancang dengan memiliki empat senar yang mempunyai interval sempurna. Biola terdiri dari beberapa bagian, yaitu badan biola, leher biola, jembatan biola, senar, dan papan jari.

4. Akordion

Akordion merupakan alat musik yang hampir mirip piano, namun dimainkan dengan cara menggantungkan alat musik di badan pemain. Lalu tangan kiri pemain menekan tombol akord dan tangan kanan memainkan melodi.

Alat musik ini terbagi menjadi empat jenis, yaitu akordion diantonis, berwarna, concertinas, dan piano.

5. Pianika

Pianika adalah alat musik tiup yang berlebihan seperti piano. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup melalui selang peniup dan tuts ditekan seperti memainkan piano. Tangga nadanya sama dengan alat musik biasa yaitu do re mi fa so la si do dan ditiup secara tegak.

6. Harmonika

Harmonika adalah instrument musik tiup sederhana yang terdiri dari pelat-pelat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan menyediakan nada tiup kromatis. Harmonika dimainkan dengan cara meniup sambil menggeser ke arah kiri dan kanan. 

Baca juga: Macam-macam Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyi dan Cara Memainkan

7. Saksofon

Saksofon adalah alat musik melodis dari jenis tiup yang terbuat dari logam. Bentuknya seperti pipa rokok dan berklep logam.

8. Bonang

Bonang merupakan alat musik melodis yang dipukul atau ditabuh bagian atasnya dengan alat pemukul khusus yang disebut bindhi. Bonang terbuat dari logam-logam seperti besi, perunggu, atau kuningan yang memiliki bentuk menonjol pada bagian atas dan bisa menghasilkan nada-nada dengan not yang khas.

9. Angklung

Angklung adalah salah satu alat musik melodis tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Angklung terdiri dari dua, tiga atau empat bambu dengan susunan dua, tiga dan empat nada. Cara membunyikannya dengan digoyangkan atau digetarkan.

10. Sasando

Alat musik melodis Sasando berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dari alat musik petik lainnya yakni berbentuk tabung panjang.

Sasando sendiri terbuat dari bambu, kayu, paku penyangga, senar string, dan daun lontar. Untuk menghasilkan nada, Sasando dimainkan dengan menggunakan kedua tangan untuk memetik dawainya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya