Home » Kongkow » IPS » ASEAN 2

ASEAN 2

- Kamis, 29 Juli 2021 | 04:12 WIB
ASEAN 2

MATERI IPS KELAS 6

 

KD 3.1 Mengidentifikasi karateristik, geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi,

politik di wilayah ASEAN.

3.1.2 Mampu menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi

geografisnya dengan benar.

3.1.3 Mampu menyebutkan kehidupan politiknya dari dua negara terkait

kondisi geografisnya dengan benar

 

 

Profil 10 negara anggota ASEAN

1. Brunei Darussalam

Negara yang dipimpin oleh Sultan ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 23 Februari. Beribu kota di Bandar Seri Begawan, Brunei menggunakan Bahasa Melayu, Inggris, dan Mandarin sebagai bahasa resminya.

Negara ini berpenduduk 423.196 jiwa dengan mata uang Dollar Brunei. Sementara jumlah PDB per kapitanya mencapai US$ 27.561 pada 2017 dan memiliki luas wilayah 5.765 km persegi.

2. Kamboja

Kepala negara Kamboja adalah Raja sementara kepala pemerintahannya yakni Perdana Menteri. Ibu kota negara dengan luas wilayah 181.035 km persegi ini adalah Phnom Penh.

Negara berpenduduk 15,76 juta jiwa ini merayakan hari kemerdekaan pada 9 November. Selain itu, negara ini memiliki PDB sebanyak US$ 20,9 miliar pada 2017 dan menggunakan Riel (KHR) sebagai mata uang resmi.

3. Indonesia

Indonesia memiliki kepala negara dan kepala pemerintahan yang sama yakni Presiden. Negara yang beribu kota di Jakarta ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 17 Agustus.

Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dengan Rupiah sebagai mata uangnya. Indonesia merupakan negara terbesar di ASEAN dengan luas wilayah 1,9 juta meter persegi dan 261,1 juta penduduk. Total PDB Indonesia mencapai US$ 1.015 pada 2017. i

4. Laos

Laos merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang tidak memiliki laut dengan luas wilayah 237.955 km persegi. Kepala negara di Laos adalah Presiden sementara kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri.

Negara yang beribu kota di Vientiane ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 2 Desember. Bahasa resmi negara berpenduduk 6,76 juta jiwa tersebut adalah Lao, Perancis, dan Inggris. Sementara GPD Laos mencapai 14,8 miliar dollar AS pada 2017.

5. Malaysia

Malaysia memiliki kepala negara seorang Raja dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Negara yang beribu kota di Kuala Lumpur ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 31 Agustus.

Bahasa resmi Malaysia adalah Melayu, Inggris, China, dan Tamil dengan mata uang Ringgit Malaysia. Negara berpenduduk 31,19 juta jiwa ini memiliki luas wilayah 329.847 km persegi dan PDB US$ 336,3 miliar pada 2017.

6. Myanmar

Myanmar memiliki kepala negara dan kepala pemerintahan yang sama yakni Presiden. Negara yang beribu kota di Nay Pyi Taw ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 4 Januari.

Bahasa resmi yang digunakan adalah Burma dan menggunakan Kyat sebagai mata uang. Negara berpenduduk 52,89 juta jiwa ini memiliki luas wilayah 676.578 km persegi. Total GDP Myanmar mencapai US$ 75,7 miliar pada 2017.

7. Filipina

Filipina memiliki kepala negara dan kepala pemerintahan yang sama yakni Presiden. Negara yang beribu kota di Manila ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 12 Juni.

Bahasa resmi yang digunakan adalah Tagalog dan Inggris serta menggunakan Kyat sebagai mata uang. Total PDB Filipina mencapai US$ 348,6 miliar pada 2017. Filipina memiliki 103,3 juta jiwa penduduk dengan luas wilayah mencapai 343.448 km persegi.

8. Singapura

Singapura memiliki jumlah penduduk 5,61 juta jiwa dan luas wilayah 721,5 km persegi. Kepala negara Singapura adalah Presiden sementara kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri.

Ibu kota negara ini yakni Singapura serta menggunakan Bahasa Inggris, China Mandarin, Melayu, dan Tamil sebagai bahasa resmi. Negara yang merayakan hari kemerdekaan setiap 9 Agustus ini memiliki PDB sebanyak US$ 311,3 miliar.

9. Thailand

Thailand memiliki kepala negara seorang Raja dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Negara yang beribu kota di Bangkok ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 5 Desember.

Bahasa resmi negara yang menggunakan mata uang Baht ini adalah Thai. Negara berpenduduk 68,86 juta jiwa ini memiliki luas wilayah 513.120 km persegi dan PDB US$ 403,6 miliar pada 2017.

10. Vietnam

Vietnam memiliki kepala negara seorang Presiden dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Negara yang beribu kota di Ho Chi Minh ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 5 September.

Bahasa resmi negara yang menggunakan mata uang Dong ini adalah Vietnam. Negara berpenduduk 92,7 juta jiwa ini memiliki luas wilayah 331.230,8 km persegi dan PDB US$ 215,9 miliar pada 2017.

Beberapa contoh nyata kerja sama politik dan keamanan ASEAN adalah:

5 Kerjasama bidang politik ASEAN

1. Perjanjian ekstradisi antar negara di kawasan ASEAN

Kerja sama ini dibuat sebagai upaya untuk mengentaskan kejahatan lintas-batas seperti perdagangan narkoba, terorisme, perdagangan orang, penangkapan ikan illegal hingga kejahatan pencucian uang.

Melalui perjanjian ini, negara-negara di kawasan Asia Tenggara dapat melakukan kerja sama untuk mengembalikan tersangka ke negara asalnya untuk menjaga stabilitas politik di ASEAN.

2. Pengiriman Duta dan Konsulat

Duta dapat didefinisikan sebagai wakil negara dalam bidang politik dan pemerintah. Sementara konsulat merupakan wakil dalam bidang perdagangan atau yang lainnya.

Duta dan konsulat sangat dibutuhkan agar dapat menjadi wakil negara dalam berdiskusi dan menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN.

3. Perjanjian Zona Bebas Senjata Nuklir

Perjanjian Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (Southeast Asia Nuclear-Weapon-Free-Zone) diteken pada KTT ASEAN di Bangkok pada 15 Desemberm 1995.

Perjanjian ini bertujuan untuk melucuti senjata nuklir secara menyeluruh serta mendorong perdamaian dan keamanan internasional.

Perjanjian Zona Bebas Senjata Nuklir juga bertujuan untuk melindungi negara-negara di kawasan ASEAN dari bahaya pencemaran lingkungan, radioaktif, dan bahan berbahaya lainnya.

4. Traktat persahabatan dan kerja sama

Dikutip dari situs resmi Kemenlu, Traktat Persahabatan dan Kerjasama ditandatangani pada tahun 1979. Traktat ini bertujuan untuk menciptakan situasi politik yang stabil di kawasan Asia Tenggara.

Perjanjian Traktat Persahabatan dan Kerja Sama mengatur mekanisme penyelesaian konflik antar negara secara damai.

5. Kerja sama kawasan yang damai, bebas dan netral

Zone of Peace Freedom and Neutrality (ZOPFAN) adalah kerja sama yang ditandatangani oleh negara-negara anggota ASEAN untuk menjaga masing-masing negara tetap damai.

Kata damai mempunyai arti; bahwa setiap negara memiliki hak untuk melakukan segala tindakan secara bebas namun tidak mengingkari perjanjian yang telah ditandatangani.

Contoh dan Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi

Hubungan kerja sama antara negara-negara ASEAN kian menguat dari tahun ke tahun. Beragam inovasi pun dihasilkan dari rangkaian kerja sama tersebut. Berikut ini adalah contoh kerja sama ASEAN di bidang ekonomi yang telah terjalin:

1 Kerja Sama di Sektor Industri Melalui ASEAN Industrial Cooperation (AICO)

Kerja sama yang dilakukan melalui AICO ini diwujudkan dengan membangun sejumlah sentra industri di beberapa negara—seperti yang telah disebutkan di atas—, yaitu:

ASEAN Vaccine Project , pabrik yang memproduksi vaksin ini berdiri di Singapura

ASEAN Urea Project , pabrik pupuk urea ini telah dibangun di Malaysia

ASEAN Aceh Fertilizer Project , sesuai namanya sentra industri pupuk ini berdiri di Aceh, Indonesia

ASEAN Copper Fabrication Project , yaitu pabrik industri tembaga yang berdiri di Filipina

Rock Salt Soda Ash Project , merupakan pabrik yang memproduksi abu soda, berkedudukan di Thailand.

2 Kerja Sama di Sektor Cadangan Pangan

ASEAN memiliki dua lumbung padi utama, yaitu Vietnam dan Thailand. Kedua negara itu pun terus berkomitmen untuk menjadi penyedia cadangan pangan bagi negara-negara tetangga mereka, anggota ASEAN yang lain.

 

 

SELAMAT BELAJAR

 

 

 

 

 

Cari Artikel Lainnya