Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 9 Barang Sehari-hari yang Kudu Rutin Dijemur. Apalagi Musim Lembap Gini, Bisa Jadi Sarang Jamur

9 Barang Sehari-hari yang Kudu Rutin Dijemur. Apalagi Musim Lembap Gini, Bisa Jadi Sarang Jamur

- Kamis, 09 Januari 2020 | 12:37 WIB
9 Barang Sehari-hari yang Kudu Rutin Dijemur. Apalagi Musim Lembap Gini, Bisa Jadi Sarang Jamur

 

Hipwee

 

 

Hipwee

CLOSE

 

 

CLOSE

9 Barang Sehari-hari yang Kudu Rutin Dijemur. Apalagi Musim Lembap Gini, Bisa Jadi Sarang Jamur

Barang rutin dijemur

7 Januari 2020

Author :Meily Rohmatun

barang yang harus rutin dijemur via https://www.lestarimk.com

Ketika musim hujan tiba, sudah jadi barang tentu kalau kondisi sekitar rumah jadi lembap. Apalagi kalau hujannya seharian. Ruangan dalam rumah bawaannya dingin terus, berasa pengen nambah lampu di mana-mana biar rada hangat.

 

Nah, kalau cuaca lagi panas pas siang harinya, segeralah beberes, keluarkan barang-barang yang sekiranya jadi lembap karena hujan. Kalau kamu bingung, berikut beberapa barang sehari-hari yang perlu kamu jemur rutin demi kebersihan dan kesehatan. Simak!

1. Kasur, bantal, dan guling yang rawan lembap itu harusnya sering-sering dijemur di bawah terik matahari. Peralatan tidur ini kerap jadi sarang bakteri dan tungau karena tumpukan keringat

2. Meski nggak selalu dipakai setiap tidur, selimut juga mestinya dijemur rutin untuk menghilangkan bau apek karena lembap. Tapi akan lebih bagus lagi kalau dicuci sekalian

3. Handuk yang basah setelah dipakai harus dijemur di bawah sinar matahari sampai kering untuk mematikan kuman dan bakteri karena lembap. Ganti handuk setelah pemakaian wajar 4-5 kali, ya!

4. Keset, karpet dan matras juga jadi tempat penumpukan debu dan bersarangnya bakteri. Jika belum saatnya dicuci, sering-seringlah dikibas-kibaskan dan dijemur

5. Tak hanya menyimpan debu, boneka atau mainan berbulu lain harus sering dijemur karena juga gampang lembap. Kalau memang sudah kotor, segera cuci saja, ya!

6. Helm yang sering kamu pakai berkendara itu juga sebetulnya perlu untuk dijemur rutin di bawah terik matahari. Apalagi kalau sering kehujanan. Duh, bakal jadi bau karena kuman dan bakteri

7. Selain helm, jaket juga kerap terlupakan padahal dipakainya hampir setiap hari. Terkhusus kamu yang sehari-harinya pakai jaket untuk berkendara, jangan lewatkan untuk menjemurnya, ya!

8. Banyak yang memelihara tanaman hias indoor dan membiarkannya di dalam ruangan berhari-hari. Padahal kan mereka juga butuh sinar matahari sebagai asupan makanan dan menjaganya tetap segar. Jemur rutin atau setidaknya angin-anginkan di luar lo!

9. Selain barang-barang di atas, badanmu itu juga perlu dijemur tiap harinya untuk mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari. Luangkan waktumu antara jam 7-9 pagi untuk berjemur, ya!

Banyak orang nggak ngeh bahwa sinar matahari — meski terdapat sinar UV yang cukup berisiko, itu juga ada manfaatnya untuk kegiatan jemur-menjemur. Terutama barang-barang di atas, nggak hanya kering dan mengembang teksturnya saja yang didapatkan, tapi juga terhindar dari kuman dan bakteri. Yuk, mulai sekarang lebih peduli lagi dengan kesehatan diri. 

Cari Artikel Lainnya